Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diplomat Korut Tak Boleh Tinggalkan Malaysia. Kedubes Diberi Garis Polisi

Belasan polisi Diraja Malaysia menjaga Kedubes Korea Utara dan memasang garis polisi menyusul larang diplomat Korut meninggalkan negeri itu.
Kim Jong Nam/Reuters
Kim Jong Nam/Reuters

Kabar24.com, KUALA LUMPUR - Belasan polisi Diraja Malaysia menjaga Kedubes Korea Utara dan memasang garis polisi menyusul larang diplomat Korut meninggalkan negeri itu.

Pemerintah Malaysia melarang diplomat Korea Utara meninggalkan negaranya menyusul larangan pemerintah Korea Utara terhadap warga Malaysia meninggalkan negaranya.

"Sebagai balasan terhadap pemerintah Korea Utara, Kementerian Dalam Negeri melalui Jabatan Imigrasi melarang pejabat Kedutaan Korea Utara keluar dari negara ini," kata Wakil Perdana Menteri Malaysia, Datuk Ahmad Zahid Hamidi di Putra Jaya, Selasa (7/3/2017).

Zahid menegaskan bahwa pemerintah Malaysia tidak berhasrat melakukan tindakan balasan. Akan tetapi, keputusan tersebut merupakan sikap yang harus dijalankan apabila negara yang melakukan hubungan diplomatik dengan Malaysia melakukan tindakan di luar kesusilaan dan kelaziman diplomatik.

Ia mengatakan bahwa Malaysia melakukan tindakan tersebut karena Kedutaan Korea Utara telah memanipulasi penyelidikan terhadap kasus pembunuhan di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2.

"Sikap ini juga untuk memberikan pesan yang jelas kepada mereka jangan pernah merendah-rendahkan Malaysia karena Malaysia adalah negara yang berdaulat," katanya.

Zahid menegaskan bahwa penyelidikan terhadap kasus kematian Kim Jong-nam dilakukan secara profesional oleh Kementrian Kesehatan, kepolisian, dan ahli kimia.

Menyusul perintah larangan tersebut, belasan anggota Polisi Diraja Malaysia (PDRM) bersiaga di Kedutaan Besar Korea Utara, Jalan Batai Damansara Height Nomer 7 Kuala Lumpur. "Police line" tampak dipasang oleh polisi.

Hingga saat ini, di Kedutaan Korea Utara terdapat 14 home staf, sedangkan Duta Besar Korea Utara Kang Chol sudah dideportasi ke negaranya, Senin (6/3).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper