Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asian Agri Bantu Petani Sawit Budidaya Lele Sebagai Solusi Replanting

Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia secara berkesinambungan mengembangkan beragam potensi ekonomi desa melalui program tanggungjawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).
Asep Dadan Muhanda
Asep Dadan Muhanda - Bisnis.com 28 Februari 2017  |  14:16 WIB
Asian Agri Bantu Petani Sawit Budidaya Lele Sebagai Solusi Replanting
Head Sustainability & CSR Asian Agri, Welly Pardede menyaksikan petani binaanya budidaya lele di Kabupaten Siak

Bisnis.com, SIAK - Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia secara berkesinambungan mengembangkan beragam potensi ekonomi desa melalui program tanggungjawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Head Sustainability & CSR Asian Agri, Welly Pardede mengatakan salah satu yang sudah dikembangkan secara adalah program integrasi sapi dan kelapa sawit, namun perusahaan juga tetap menemukan bentuk pengembangan usaha-usaha  ekonomi  lain yang dapat diterapkan  masyarakat petani sebagai sumber tambahan pendapatan di desanya. 

“Salah satunya adalah dengan memberikan  bantuan program dana ikan bergulir kepada petani ikan SP5 Desa Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak,” ujarnya dalam keterangan tertulis hari ini (28/2). 

Welly mengatakan Asian Agri sudah memberikan bantuan bibit ikan lele kepada sejumlah petani pada 25 Februari lalu. Untuk pembinaan, perusahaan menggandeng kalangan akademisi dari Universitas Lancang Kuning. 

Dia mengatakan program tersebut sudah dirilis sejak tahun 2009, dan saat ini sudah melakukan pengguliran sebanyak 6 kali. 

“Program bantuan dana ikan bergulir ini merupakan  salah satu langkah untuk mempersiapkan petani menghadapi masa replanting dimana penggulirannya sudah dilakukan sejak  tahun 2009 dan jumlah penerima manfaat  sudah  mencapai  enam puluh satu orang," ujar Welly. 

Sementara itu, Juhana, petani ikan yang menerima bantuan tersebut mengatakan dana bergulir tersebut mampu meningkatkan skala usaha ternak lele yang sudah digeluti sejak lama. Dia mengatakan budidaya ternak lele  sudha dilakukan sejak 2007 sebagai usaha tambahan sembari menunggu program replanting sawit. 

Riaman, pengurus KUD Sumber Rejeki SP5 menyebutkan, perusahaan perkebunan kelapa sawit Asian Agri yang sudah memberikan dana bergulir ini sejak tahun 2009. Berlatarbelakang besarnya biaya pakan ikan, Asian Agri hadir memberikan solusi pinjaman dana bergulir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asian agri
Editor : Asep Dadan Muhanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top