Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IFI Tantang Calon Doktor Ikuti Lomba Presentasi Disertasi 3 Menit

Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar kompetisi MT80 (My Thesis in 3 Minutes) bagi para mahasiswa atau lulusan S3 seluruh Indonesia.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 14 Februari 2017  |  19:52 WIB
Ilustrasi - galleryhip.com
Ilustrasi - galleryhip.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar kompetisi MT80 (My Thesis in 3 Minutes) bagi para mahasiswa atau lulusan S3 seluruh Indonesia.

Pendaftaran masih dibuka hingga 17 Februari dan final tingkat nasional akan digelar di Yogyakarta pada 3 Mei 2017 bersamaan dengan Joint Working Group Indonesia-Prancis.

Pemenang nasional Kompetisi MT180 tahun 2016 Gemala Cempaka Hapsari mengatakan, keikutsertaannya dalam babak internasional kompetisi MT180 di Rabat, Maroko tidak hanya mewakili kampus melainkan juga mewakili  Indonesia di panggung internasional.

"Indonesia memang bukan negara berbahasa Prancis (non-frankofon), namun ternyata kita punya generasi muda, para mahasiswa doktoral yang mampu menjelaskan penelitian dalam bahasa Prancis," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/2/2017).

Sebagai pemenang utama, Gemala berhak atas hadiah senilai 100 juta rupiah berupa pengalaman terbang zero gravitasi menggunakan pesawat Airbus A310 ZERO-G. Airbus A310 ZERO-G adalah satu-satunya pesawat di dunia yang dapat bermanuver parabola dan menciptakan sensasi terbang hampa udara.

Pemenang ke-2 dan ke-3; Fiddy Semba Prasetiya, doktor lulusan Université du Maine, Prancis dan Pemenang 3 Muhammad Yudhistira Azis, doktor lulusan Aix-Marseille Universite, Prancis, mendapatkan hadiah berupa pembiayaan mobilitas dan riset di Prancis selama 3 bulan.

Atase Kerjasama Ilmiah Kedutaan Besar Prancis di Indonesia Nicolas Gascoin mengatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk mendukung dan menaikkan nilai kerjasama Prancis-Indonesia di berbagai bidang.

"Dalam bidang penelitian, kerja sama ini telah berlangsung sangat lama, namun penelitian-penelitian yang dilakukan para doktor Indonesia yang frankofon atau pernah berkuliah di Prancis relatif belum marak diketahui,” ujarnya.

Kompetisi MT180 ditujukan untuk mahasiswa doktoral dan doktor muda, para peserta diminta mempresentasikan tesis mereka dalam Bahasa Prancis dengan menggunakan istilah-istilah yang mudah dimengerti publik awam. Dalam waktu 180 detik, mereka harus dapat membuat pemaparan yang jernih, efisien dan meyakinkan tentang proyek penelitian mereka.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prancis lomba
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top