Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Kunjungan ke Indonesia, Tokoh Islam Myanmar Ditembak Mati

Seorang pengacara dan penasehat Partai Liga Nasional Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi ditembak mati di bandara Yangon, Myanmar kemarin.
Ilustrasi penembakan/Antara
Ilustrasi penembakan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Seorang pengacara dan penasehat Partai Liga Nasional Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi ditembak mati di bandara Yangon, Myanmar kemarin. Pria bernama Ko Ni tersebut ditembak di bagian kepala setelah kembali dari perjalanan ke Indonesia.

Seorang supir taksi yang berupaya mencegah penyerangnya juga tewas. Sebelumnya taksi itu berupaya melarikan diri dan mengalami cidera sebelum menghembuskan nafasnya yang terakhir. Tersangka penembak sudah ditangkap, namun belum ada rincian tentang motif pembunuhan itu.

Kementrian Informasi mengatakan tersangka berasal dari Mandalay. Ko Ni adalah salah satu tokoh Islam ternama di negara yang mayoritasnya beragama Buddha tersebut. Dia merupakan pegiat mahasiswa pada masa pergolakan melawan rezim militer tahun 1988 lalu dan pernah menjadi tahanan politik. Setelah bebas, selain menjadi pengacara dia juga menjabat penasehat di NLD.

Akan tetapi dia mengkritik partai pimpinan Aung San Suu Kyi itu karena tidak menempatkan calon anggota parlemen beragama Islam dalam pemilihan umum 2015. Sebagai pengacara, dia mendirikan firma hukum, Laurel Law Firm bersama dua pengacara lainnya tahun 1995.

Mantan Ketua Jaringan Penasehat Hukum Myanmar, Kyee Mynt menegaskan Myanmar kehilangan 'wajah demokrasi'. "Merupakan kehilangan besar bagi kami bahwa Ko Ni tewas dibunuh. Dia merupakan wajah demokrasi di negara kami dan adalah kehilangan besar bagi kami," jelas Mynt yang merupakan kolega dekatnya sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Senin (30/1/2017).

Kelompok pegiat hak asasi Amensty International sudah mendesak penyelidikan yang mandiri atas pembunuhan Ko Ni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper