Banjir & Longsor Landa 9 Daerah di Sumsel

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Sumatra Selatan mencatat terdapat 9 kabupaten/kota yang mengalami bencana banjir dan longsor selama satu sampai dua pekan terakhir.
Dinda Wulandari | 02 Desember 2016 15:08 WIB
Tanah longsor - Istimewa

Kabar24.com, PALEMBANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Sumatra Selatan mencatat terdapat 9 kabupaten/kota yang mengalami bencana banjir dan longsor selama satu sampai dua pekan terakhir.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Sumsel iriansyah mengatakan pihaknya telah menyiapkan satgas bencana dengan sarana dan prasarananya seperti perahu karet, alat evakuasi korban, mobil rescue, dan truk.

“Hampir semua wilayah di Sumsel terkena bencana. Saat ini kami upayakan untuk penanggulangan, dan pendistribusian logistik ke daerah bencana,” katanya, Jumat (2/12).

Adapun daerah yang terkena bencana banjir dan longsor itu meliputi, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), OKU Timur, Muara Enim dan Musi Banyuasin.

Selanjutnya bencana juga terjadi di Lahat, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Prabumulih dan Empat Lawang.

Menurutnya, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi, intensitas hujan kedepan masih akan turun dimana kategorinya sedang hingga lebat.

Untuk itu, antisipasi beragam bencana harus menjadi perhatian dan poin utama bagi semua sektor dan pihak terkait. Terkhusus bagi pemerintah daerah masing-masing.

“Kami sudah tebar posko siaga dan tanggap darurat bencana banjir dan longsor di semua daerah di Sumsel,” katanya.

Terkait bencana longsor, kata dia, pihaknya juga menyiapkan alat berat untuk daerah longsor dimana koordinasi dengan Dinas PU Bina Marga di kabupaten/kota sudah dilakukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjir, sumsel, longsor

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top