Dorong Hilirisasi, Pemkot Balikpapan Bangun Sentra Industri Kecil dan Rumah Pengemasan

Tahun depan Pemerintah Kota Balikpapan akan membangun sentra industri kecil di wilayah Teritip, Balikpapan Timur, sekaligus mendirikan rumah pengemasan produk untuk mendorong hilirisasi pada sektor usaha kecil dan mikro.
Nadya Kurnia | 02 Desember 2016 14:42 WIB
Pengrajin bingkai foto - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Tahun depan Pemerintah Kota Balikpapan akan membangun sentra industri kecil di wilayah Teritip, Balikpapan Timur, sekaligus mendirikan rumah pengemasan produk untuk mendorong hilirisasi pada sektor usaha kecil dan mikro.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Balikpapan Doortje Marpaung mengatakan rencana pendirian rumah pengemasan produk itu telah terpikirkan jauh-jauh hari. Namun karena terkendala anggaran, realisasi baru bisa dilakukan pada 2017.

"Kendala pengembangan produksi IKM itu kan tidak hanya soal marketing, tapi bagaimana produk mereka tampilannya layak untuk dipasarkan. Kami dukung pengembangannya dengan memperbaiki kekurangan ini," jelas Doortje, Kamis (1/12/2016).

Saat ini, Balikpapan telah memiliki satu sentra industri kecil dengan puluhan rumah produksi yang beroperasi, berlokasi di Somber. Namun Sentra Industri Kecil Somber (SIKS) difokuskan sebagai sentra produksi tahu tempe.

Sedangkan Sentra Industri Kecil Teritip (SIKT) diarahkan sebagai sentra produksi berbahan baku hasil laut dan pertanian. Sebab wilayah Teritip dan sekitarnya memang memiliki potensi pertanian dan perikanan (laut dan tambak) yang cukup besar. Bahkan tak jauh dari Teritip, terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Manggar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ukm, hilirisasi

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top