Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pidato Presiden Xi Jinping Dipuji Para Pemimpin Media Amerika Latin

Para pemimpin media Amerika Latin memuji pidato Presiden China Xi Jinping pada pertemuan puncak bagi para eksekutif media China dan Amerika Latin yang diadakan Selasa. Mereka optimistis tentang prospek kerja sama media yang Cina-Amerika Latin.
 Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berfoto dengan Presiden China Xi Jinping beserta istri.
Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berfoto dengan Presiden China Xi Jinping beserta istri.

Bisnis.com, SANTIAGO -- Para pemimpin media Amerika Latin memuji pidato Presiden China Xi Jinping pada pertemuan puncak bagi para eksekutif media China dan Amerika Latin yang diadakan Selasa. Mereka optimistis tentang prospek kerja sama media yang China-Amerika Latin.

Xi menegaskan pertukaran media  merupakan bagian penting dari hubungan China - Amerika Latin. Oleh karenanya, Xi juga mendesak media China dan Amerika Latin untuk bekerja dalam mengungkapkan isu penting tentang perdamaian dan pembangunan dunia, membantu meningkatkan kerjasama pragmatis antara China dan Amerika Latin serta  belajar  satu sama lain selain meningkatkan kerja sama bilateral antar media.

Miguel Winazki, pemimpin redaksi dari koran Argentina Clarin mengungkapkan kehadiran Xi di KTT Media yang dilakukan setelah berpartisipasi dalam Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Lima, Peru, menunjukkan  ia sangat optimistis tentang prospek kerjasama media yang Cina-Amerika Latin

“Clarin akan memperdalam kerjasama dengan media Cina, “ kata Winazki

Sementara itu, Olman Manzano, penanngung jawab dari situs surat kabar La Tribuna Honduras mengungkapkan bahwa ia r setuju dengan penilaian Xi untuk masa depan yang cerah bagi kerjasama media Cina-Amerika Latin. Dia mengatakan dengan memperdalam kerja sama lembaga media secara bilateral akan mempromosikan pertukaran ekonomi dan budaya antara China dan Amerika Latin.

“China adalah negara besar dan di bawah kepemimpinan Xi, China dan Amerika Latin sedang membangun sebuah komunitas bersama,” kata Manzano.

Xi, dalam sambutannya, mengatakan bahwa China akan mengundang sejumlah wartawan Amerika Latin untuk bekerja dan belajar di China dan melatih staf 500 media negara-negara Amerika Latin dan Karibia. Dengan demikian menurut Xi akan semakin banyak profesional media Amerika latin yang datang ke China sehingga dapat mengetahui China dalam bingkai media yang nyata dan dapat mengalami vitalitas pembangunan dan kemakmuran negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Bagi Nohelia Gonzalez, editor-in-chief dari koran La Prensa Nikaragua, yang harus terbang belasan jam untuk dapat menghadiri KTT media dan dapat mendengarkan pidato Xi secara pribadi merupakan pengalaman  yang luar biasa.

"Nikaragua masih merupakan negara miskin. Kita harus banyak belajar dari China baik dalam media atau pembangunan ekonomi," kata Gonzalez.

Dia berharap media China dan Amerika Latin dapat saling belajar untuk lebih lanjut China-Amerika Latin kerjasama pragmatis.

Alejandro Ramos, dari kantor berita resmi Meksiko, Notimex mengatakan bahwa ,media memainkan peran yang penting dalam mempromosikan saling pengertian dan manfaat serta meningkatkan people-to-people, pertukaran ekonomi dan perdagangan antara negara-negara.

Dengan latar belakang seperti itu, rekan-rekan dari media China dan Amerika Latin mampu bercerita tentang persahabatan antar negara dan kerjasama melalui platform media yang berbeda.

"Pidato Xi di KTT Media memberi kami kepercayaan diri. Kerja sama antara China dan negara-negara Amerika Latin seperti Meksiko yang berpegang pada prinsip saling menguntungkan. Kami memiliki alasan untuk percaya bahwa hubungan China-Amerika Latin telah memasuki terbaik periode dalam sejarah, "kata Ramos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper