Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Daerah Pintar Akan Diluncurkan

Citiasia Center for Smart Nation akan meluncurkan hasil studi indeks daerah pintar 2016) sekaligus mengumumkan daerah-daerah dengan raihan nilai indeks tertinggi, pada 29 November 2016 di Jakarta.Indeks ini mengukur kondisi seluruh daerah di Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi, 412 kabupaten, dan 93 kota.
Smart City. /Bisnis.com
Smart City. /Bisnis.com

Bisnis.com,JAKARTA- Citiasia Center for Smart Nation akan meluncurkan hasil studi indeks daerah pintar 2016) sekaligus mengumumkan daerah-daerah dengan raihan nilai indeks tertinggi, pada 29 November 2016 di Jakarta.

Indeks ini mengukur kondisi seluruh daerah di Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi, 412 kabupaten, dan 93 kota. Indeks diukur berdasarkan data terpublikasi dari berbagai sumber yang meliputi data kementerian/lembaga, statistik wilayah seluruh Indonesia, dan laman resmi pemda beserta analisis 72 media cetak nasional dan lokal serta 100 media online.

Indeks yang kerap disebut sebagai Indonesia Smart Nation Index ini pada dasarnya dihitung dari dua indeks penyusun, yaitu indeks kesiapan menuju daerah pintar (smart readiness index) dan indeks kinerja daerah pintar (smart region index).

Menurut Founder & Chairman Citiasia, Cahyana Ahmadjayadi, yang manjadikan studi ini memiliki kelebihan dari studi tentang pemeringkatan daerah lainnya karena telah memanfaatkan metode big data analytic yang dikembangkan oleh Citiasia,Inc. yang memungkinkan diolahnya data yang berskala masif dan beragam secara cepat dan akurat.

Marsudi W. Kisworo sebagai Ketua Dewan Juri ISNA 2016 menegaskan bahwa Indeks ini berguna untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kondisi suatu kota, kabupaten, provinsi dalam sebuah ukuran yang mudah untuk dipahami.

“Tujuan dari disusunnya indeks ini adalah untuk menjadi salah satu acuan kondisi daerah-daerah untuk menuju Indonesia Smart Nation. Sedangkan manfaat bagi daerah sendiri dengan disusunnya indeks ini adalah sebagai alat ukur untuk melakukan inovasi-inovasi dalam pembangunan di daerahnya agar dapat menjadi daerah pintar,” ujarnya, Selasa (22/11/2016).

Menurut Farid Subkhan, CEO Citiasia Inc., pemeringkatan ini bertujuan untuk melihat posisi kinerja daerah dan membantu meningkatkan daya saingnya secara nasional dan internasional. Terutama dalam membangun kesiapan daerah pintar smart region readiness dan membangun daerah pintar yang maju, kreatif, dan berkelanjutan. Kesiapan daerah pintar terutama dalam penyiapan infrastruktur fisik, digital, dan sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper