Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berusia 3.000 Tahun, Mumi Ini Ditemukan dalam Keadaan Sangat Baik

Arkeolog Spanyol telah menemukan mumi Mesir kuno dalam kondisi sangat baik dekat Luxor. Berada di dalam sarkofagus kayu berwarna cerah, mumi itu telah terikat dengan kain.
Relief piramid/wikipedia
Relief piramid/wikipedia

Kabar24.com, JAKARTA - Arkeolog Spanyol telah menemukan mumi Mesir kuno dalam kondisi sangat baik dekat Luxor. Berada di dalam sarkofagus kayu berwarna cerah, mumi itu telah terikat dengan kain.

"Makam itu ditemukan di dinding selatan Kuil Jutaan Tahun," ujar Mahmoud Afifi, kepala departemen barang antik Mesir, dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip Livescience Senin (14/11/2016).

Kuil itu dibangun di tepi barat Sungai Nil dekat Luxor oleh Firaun Thutmosis III (1490-1436 SM), salah satu raja terbesar Mesir. Dikenal sebagai "Napoleon dari Mesir," dia adalah Firaun keenam dari Dinasti XVIII, yang paling terkenal dari semua dinasti Mesir kuno, dengan firaun seperti Hatshepsut, Amenhotep III, Akhenatenand Tutankhamun.

Mumi itu diyakini tubuh seorang pria bernama Amenrenef, yang memegang gelar "Hamba Rumah Raja." Amenrenef, bagaimanapun, tidak hidup di bawah Thutmosis III. Makamnya kemungkinan berasal dari periode Menengah Ketiga sekitar 1.000 SM, kemungkinan Dinasti ke-21.

"Ketika kuil sudah tidak berfungsi, daerah ini digunakan sebagai nekropolis," ujar Egyptologist Myriam Seco Álvarez, kepala tim arkeologi Spanyol, kepada Seeker.

Kotak mumi berusia 3.000 tahun itu memiliki banyak dekorasi warna-warni simbol-simbol agama Mesir kuno," kata Alvarez.

Álvarez, yang telah bekerja di Kuil Jutaan Tahun sejak 2008, mencatat bahwa prasasti dan dekorasi itu termasuk simbol matahari, dewi pelindung Isis dan Nephthys yang menyebarkan sayap, empat putra dewa Horus.

"Misi ini sekarang akan mempelajari makam ini dan isinya untuk mengetahui lebih lanjut tentang pemiliknya," kata Afifi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper