Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Donald Trump Segera Usir 3 Juta Imigran Tak Berdokumen

Mimpi buruk para imigran di Amerika Serikat segera menjadi realita setelah presiden terpilih Amerika, Donald Trump, menyampaikan rencananya untuk segera mengusir (deportasi) sekitar 3 juta imigran tak berdokumen. Selain mengusir, Trump akan memenjarakan mereka.
Donald Trump/Reuters
Donald Trump/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Mimpi buruk para imigran di Amerika Serikat segera menjadi realita setelah presiden terpilih Amerika, Donald Trump, menyampaikan rencananya untuk segera mengusir (deportasi) sekitar 3 juta imigran tak berdokumen. Selain mengusir, Trump akan memenjarakan mereka.

Trump menyampaikan rencananya itu saat diwawancarai CBS dalam program 60 Minutes yang membahas tentang program-program Trump dan sejumlah kebijakannya yang segera diwujudkan.

"Apa yang kami lakukan saat ini adalah membawa orang-orang kriminal dan yang memiliki catatan kriminal, anggota gangster, pedagang narkoba, yang jumlahnya mungkin dua juta orang, dan bahkan bisa mencapai tiga juta orang, kita akan mengusir mereka keluar dari negara kita atau akan memenjarakanya," kata Trump dalam wawancara pertama kalinya dengan stasiun televisi seusai terpilih jadi Presiden Amerika, seperti dilansir Channel News Asia, 14 November 2016.

Menurut sejumlah ahli, ada sekitar 11 juta orang asing yang hidup secara ilegal di Amerika. Kebanyakan mereka berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Selain bahas pengusiran para imigran tak berdokumen, Trump menjelaskan tentang rencananya untuk melanjutkan pembangunan tembok pembatas dengan wilayah Meksiko.

Bernie Sanders dari Partai Demokrat mengatakan, partainya akan mengawasi jalannya pemerintahan Trump agar tidak bersikap diskriminatif atau menjadikan para imigran sebagai kambing hitam atau mengambinghitamkan warga Afrika-Amerika atau muslim.

"Kami akan menentangnya," kata Sanders, salah satu nominator calon Presiden Amerika dari kubu Demokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper