Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lantamal IV Tanjungpinang Resmi Mendapat Tambahan Kapal Patroli Cepat

Mulai hari ini, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV/Tanjungpinang mendapat penambahan armada kapal patroli cepat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 November 2016  |  15:39 WIB
Kapal Angkatan Laut Tipe 28 M Propeller - tescoindomaritim.com
Kapal Angkatan Laut Tipe 28 M Propeller - tescoindomaritim.com

Kabar24.com, TANJUNGPINANG - Mulai hari ini, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV/Tanjungpinang mendapat penambahan armada kapal patroli cepat.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut IV/Tanjungpinang Laksma TNI S Irawan meresmikan Kapal Angkatan Laut (KAL) Marapas II-4-65 yang dapat bergerak lincah di perairan dangkal.

"Kapal itu akan memperkuat Satuan Keamanan Laut Lantamal IV Tanjungpinang sehingga daya tempur semakin kuat," kata Irawan saat upacara militer di Dermaga Yos Sudarso Batu Hitam, Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (11/11/2016).

KAL Marapas II-4-65 dikomandani Kapten Laut (P) Yose Rizal.

Kapal ini hasil karya anak bangsa, diproduksi di PT Tesco Indomaritim Bekasi pada 10 Agustus 2015, dan diluncurkan dari galangan pada 24 Juni 2016.

Berdasarkan keputusan Kasal Nomor Kep/752/IV/2016 tanggal 7 April 2016, kapal itu diserahkan ke Lantamal IV sebagai kapal patroli cepat berbahan alumunium.

"Nama KAL Marapas diambil dari nama satu pulau di wilayah kerja Lantamal IV yaitu Pulau Marapas yang berada di Kabupaten Bintan," ujarnya.

Kapal Marapas dirancang sebagai kapal patroli cepat yang dapat memasuki perairan dangkal dan dapat bergerak cepat, lincah, serta berkecepatan 28 knot.

"Kapal ini sangat sesuai dengan karakteristik wilayah perairan Kepri," ucapnya.

Irawan menjelaskan KAL Marapas II-4-65 akan meningkatkan pelaksanaan operasi, dan kinerja Lantamal IV dalam rangka mendukung kebijakan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Danlantamal menyatakan Komandan KAL Marapas dan anak buah kapal produk karya putra-putri terbaik bangsa ini berbangga hati karena terpilih untuk memelihara dan mengoperasikan sesuai fungsi asasinya.

"Kapal ini dibeli dari uang rakyat. Oleh karena itu saya perintahkan untuk dapat merawat kapal ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanjungpinang tni al

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top