BANJIR GARUT: Rumah Zakat Bantu Bangun 10 Rumah Korban Banjir. Siapa Menyusul?

Sebuah lembaga bukan pemerintah Rumah Zakat menyalurkan bantuan berupa pembangunan 10 rumah bagi korban banjir bandang yang melanda pemukiman warga Kampung Pananggungan di Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Newswire | 02 November 2016 16:53 WIB
Banjir bandang melanda Garut, Jawa Barat - Antara/Adeng Bustomi

Kabar24.com, BANDUNG - Banjir yang melanda Garut telah membuat sejumlah warga kehilangan rumahnya.

Sebuah lembaga bukan pemerintah Rumah Zakat menyalurkan bantuan berupa pembangunan 10 rumah bagi korban banjir bandang yang melanda pemukiman warga Kampung Pananggungan di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Tujuan dari program ini adalah menyediakan perumahan layak huni bagi warga yang menjadi korban banjir bandang," kata CEO Rumah Zakat Nur Efendi saat peletakan batu pertama pembangunan rumah di Kampung Pananggungan, Kelurahan Lengkong Jaya, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Rabu (2/11/2016).

Ia menuturkan program bantuan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Garut itu diperuntukan bagi warga korban banjir bandang luapan Sungai Cimanuk.

Menurut dia rumah di Kampung Pananggungan itu banyak yang rusak sehingga harus mengungsi ke rumah saudara maupun tetangganya.

"Banyak warga yang rumahnya hancur akibat bencana tersebut, sehingga kini mereka terpaksa mengungsi di rumah saudara, tetangga, dan kerabat lainnya," kata Nur.

Ia menyampaikan rumah yang dibangun setingkat tipe 36 dengan luas tanah 60 meter persegi milik pemerintah daerah itu ditargetkan selesai akhir tahun 2016 dan ditempati awal 2017.

Warga yang akan menempati 10 rumah itu, kata dia, akan ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Garut berdasarkan skala prioritas yang berhak mendapatkan bantuan itu.

"Mengenai 10 kepala keluarga yang akan menempati 10 rumah ini ditentukan oleh pihak Pemkab, sebab mereka yang lebih mengetahui siapa saja yang lebih berhak untuk menerima bantuan ini," katanya.

Nur berharap setelah dibangunnya rumah bantuan itu dapat menciptakan lingkungan yang tertata dengan baik.

Selain itu, lanjut dia, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pascabanjir dan lebih produktif untuk membangun kehidupan lebih baik.

"Niat baik dari Pemkab Garut ini pastinya harus didukung karena memang sejalan dengan misi RZ (Rumah Zakat) yakni memberdayakan masyarakat Indonesia," katanya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman yang menghadiri acara peletakan batu pertama itu mengatakan, banyak program bantuan pembangunan di Garut yang bekerjasama dengan Rumah Zakat.

Seperti bantuan pembangunan rumah untuk korban banjir di Kampung Pananggungan itu, kata Helmi, merupakan program yang sangat membantu bagi warga yang kehilangan rumahnya.

"Kami dari Pemkab punya lahan lalu kami umumkan kepada donatur Rumah Zakat dan responnya luar biasa," katanya.

Nah, siapa mau menyusul jadi donatur?

Sumber : Antara

Tag : Banjir Garut
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top