Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Bumi 4,6 SR Guncang Bone

Gempa berkekuatan 4,6 Skala Richter mengguncang Kabupaten Bone di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Senin (31/10/2016)
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Gempa berkekuatan 4,6 Skala Richter mengguncang Kabupaten Bone di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Senin (31/10/2016).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulsel mencatat gempa tersebut terjadi pada pukul 17.18 WITA dengan pusat gempa di 4,7 Lintang Selatan (LS) dan 120 Bujur Timur (BT).

Gempa tersebut terjadi di darat, delapan kilometer dari arah barat laut Bone dengan kedalaman 10 kilometer di dasar laut.

Akibat dari gempa itu, getaran sangat terasa sampai di Kota Makassar serta Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Sejumlah karyawan yang berkantor di gedung tinggi merasakan getaran itu.

"Getarannya terasa dan gedung Graha Pettarani, Makassar, bergetar. Itu terjadi waktu pegawai mau pulang kantor," tutur seorang pegawai bernama Lisna Sari.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Sujarwo juga membenarkan adanya gempa yang getarannya dirasakan sampai Makassar. Meski tidak berpotensi tsunami, warga diminta terus waspada dari segala kemungkinan.

"Masyarakat diminta terus waspada dan memantau terus perkembangan baik dari BMKG maupun BPBD, termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya," katanya.

Mengenai kemungkinan terjadi gempa susulan, Sujarwo menyatakan tidak ingin mengandai-andai, semua prakiraan mesti berbasis data BMKG.

Hingga saat ini tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone dikabarkan masih melakukan identifikasi serta menelusuri titik gempa dan belum ada keterangan resmi adanya korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper