Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA CABAI: Di Jambi, Naik Rp2.000, Pasok Seret

Harga cabai merah keriting kembali naik di tingkat pedagang di Kota Jambi, yakni berkisar Rp56.000 hingga Rp58.000 per kilogram dikarenakan berkurangnya pasokan dari daerah sentra produksi.
Panen Cabai. /Bisnis.com
Panen Cabai. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Harga cabai merah keriting kembali naik di tingkat pedagang di Kota Jambi, yakni berkisar Rp56.000 hingga Rp58.000 per kilogram dikarenakan berkurangnya pasokan dari daerah sentra produksi.

Dua pekan lalu sempat naik yakni Rp60.000 per Kg, kemudian turun berkisar Rp55.000, dan kini naik lagi, kata Kasi Bina Usaha dan Distribusi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi M Zaini di Jambi, Rabu (26/10/2016).

"Kenaikan harga cabai itu dikarenakan pasokan berkurang, baik dari petani lokal maupun petani luar Jambi, misalnya dari Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan permintaan pasar masih stabil," katanya menambahkan.

Petugas Disperindag Provinsi Jambi rutin memantau perkembangan harga dan distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat di tiga pusat perdagangan di Kota Jambi, yakni Pasar Induk Angsoduo, Pasar Tradisional Talang Banjar dan Simpang Pulai.

Zaini juga memastikan bahwa tidak ada lonjakan harga barang kebutuhan pokok masyarakat, selain juga distribusinya tetap lancar.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa harga beras di tingkat pedagang grosir dan eceran di Kota Jambi masih bertahan, seperti beras kualitas pertama yakni merek anggur Rp14.000 per Kg.

Beras kualitas kedua yakni belida Rp11.000 per kilogram, sedangkan merek king, sepat siam dan putri palembang juga masih bertahan yakni Rp10.500 per Kg.

Untuk gula pasir juga masih bertahan tinggi yakni Rp13.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp10.500 per kilogram dan minyak goreng kemasan (bimoli) Rp14.000 per kilogram.

Telur ayam broiler harganya juga masih bertahan yakni Rp22.400 per kilogram, ayam kampung Rp36.000 per kilogram. Untuk daging sapi murni masih stabil yakni Rp120.000 per kilogram, daging ayam broiler Rp30.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper