Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Blusukan Di Mal, Presiiden Jokowi Pantau Geliat Ekonomi Manado

Presiden Joko Widodo mengunjungi pusat perbelanjaan Manado Town Square 3 dalam rangka blusukan disela-sela rangkaian kunjungan kerja di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.
Presiden Joko Widodo/Antara-Widodo S Jusuf
Presiden Joko Widodo/Antara-Widodo S Jusuf

Kabar24.com, MANADO - Presiden Joko Widodo mengunjungi pusat perbelanjaan Manado Town Square 3 dalam rangka blusukan disela-sela rangkaian kunjungan kerja di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Didampingi oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Wilmar Marpaung beserta jajaran forkopimda Sulut, Jokowi langsung memasuki area perbelanjaan pukul 20.15 WITA. 

Sejumlah gerai dikunjungi kurang lebih selama 30 menit untuk melihat secara langsung geliat ekonomi yang ditimbulkan dari sektor pariwisata khususnya kedatangan turis China yang sedang membanjiri bumi Nyiur Melambai beberapa bulan terakhir. 

"Yang pertama saya ingin melihat geliat pariwisata di Sulut khususnya di Manado, di Bunaken karena ada lonjakan turis utamanya yang dari Tiongkok yang masuk ke Manado ini," katanya di lobi Mantos 3, Selasa (18/10/2016).

Menurut Presiden, pertumbuhan jumlah wisatawan mancanegara di Manado mencapai 1000% yang akan berdampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di kota Tinutuan tersebut. Sejauh ini lebih dari 20.000 turis China datang ke Manado dalam empat bulan terakhir yang selanjutnya berdampak langsung terhadap sektor perhotelan, restoran, perbelanjaan dan transportasi.

"Ini yang mau kita lihat, kemudian apa dampak pertumbuhan ekonomi di kota [Manado]," jelasnya.  

Jokowi yang mengenakan kostum blusukan berupa kemeja putih lengan panjang berpadu celana hitam mendatangi hampir semua gerai mulai dari pakaian hingga restoran. Menurutnya geliat ekonomi sangat terasa dilihat dari aktivitas pengunjung melakukan transaksi jual beli.    

"Saya kira malam ini saya datang ke sini untuk melihat itu dan kelihatan sekali pertumbuhan ekonomi itu akan kelihatan kalau masuk kepasar ke mal seperti ini, masuk ke restoran rame atau tidak,lihat lalu lalang taksi kelihatan sekali," tuturnya.

Kedatangan Jokowi di Mantos 3 disambut meriah pengunjung dengan cara bersalaman atau foto bersama. Setelah selesai blusukan, Jokowi membagikan kaos kepada warga dan meninggalkan pusat perbelanjaan langsung menuju ke hotel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper