Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaksa Sebut Jessica Dapat Fasilitas Mumpuni di Tahanan

Salah satu jaksa penuntut umum Meilani Wuwung mengatakan terdakwa Jessica Kumala Wongso sudah mendapatkan fasilitas yang mumpuni lebih dari yang didapatkan tahanan lainnya, sehingga tidak seharusnya Jessica masih mengeluh pada aparat penegak hukum.
Jessica Kumala Wongso dengan pengacaranya, Otto Hasibuan./Antara
Jessica Kumala Wongso dengan pengacaranya, Otto Hasibuan./Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Salah satu jaksa penuntut umum Meilani Wuwung mengatakan terdakwa Jessica Kumala Wongso sudah mendapatkan fasilitas yang mumpuni lebih dari yang didapatkan tahanan lainnya, sehingga tidak seharusnya Jessica masih mengeluh pada aparat penegak hukum.

Dalam sidang replik, jaksa menjawab atau merespons nota pembelaan (pledoi) Jessica yang disampaikan pada sidang ke-28 pekan lalu.

"Perlu disadari kalau fasilitas yang didapatkan terdakwa (Jessica) sudah lebih dari yang didapatkan tahanan lainnya. Kenapa terdakwa masih mengeluh dan menyalahkan aparat penegak hukum. Di saat seluruh fasilitas mumpuni telah diberikan (kepada) terdakwa, entah mengapa terdakwa mengatakan dirinya tertekan," kata Jaksa Meilani pada sidang replik di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).

Meilani mengatakan, sidang pekan lalu yang beragendakan pembacaan nota pembelaan merupakan sebuah aksi teatrikal dari Jessica dan penasihat hukumnya.

Menurut jaksa, selama persidangan dan pemeriksaan, tidak terlihat Jessica merasa bersalah, bahkan menangis, namun perilaku tersebut baru terlihat menjelang putusan hukum dari Majelis Hakim.

Selain itu, Jessica dianggap memberikan keterangan hanya fokus pada nasibnya, yakni perasaan ketidakadilan akan pihak kepolisian yang menempatkannya pada sel tahanan di Polda Metro Jaya yang kecil, penuh tikus, dan cahaya yang terlalu terang dalam ruangan, sedangkan koridor di luar tampak gelap.

"Perlu diketahui bahwa ruangan itu diminta sendiri oleh terdakwa karena tidak ingin disatukan dengan tahanan lainnya. Ruangan itu terbilang mewah untuk kasus terdakwa saat itu," ujar Meilani.

Ia menambahkan penyidik Polri sudah semaksimal mungkin memberikan kenyamanan, salah satunya memberi keluasan untuk berkomunikasi dengan penasihat hukumnya.

Pada sidang ke-28 pekan lalu, Jessica membacakan sendiri nota pembelaannya seraya menangis terisak di hadapan Majelis Hakim. Sejak awal pembacaan, isak tangis Jessica terdengar jelas hingga penyampaian nota pembelaan berakhir setelah 12 menit kemudian.

"Saya tidak membunuh Mirna, jadi tidak ada alasan mereka memperlakukan saya seperti sampah. Saya bingung harus berbuat apa. Saya tidak menaruh racun di minuman Mirna. Apa yang bisa saya lakukan untuk mengubah semuanya," tutur Jessica pada sidang, Rabu (12/10/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper