Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Riau Imbau Ritel Tetap Pakai Koin, Ini Alasannya

Bank Indonesia Perwakilan Riau meminta kepada perusahaan ritel atau hypermarket yang beroperasi di Tanah Air untuk tetap memaksimalkan penggunaan koin dalam transaksi pembayaran.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 September 2016  |  14:27 WIB
BI Riau Imbau Ritel Tetap Pakai Koin, Ini Alasannya
BI Riau meminta peritel dan hypermart tetap menggunakan uang koin dalam transaksi pembayaran agar dapat menekan kenaikan harga barang - JIBI/Alby Albahi
Bagikan

Kabar24.com, PEKANBARU -- Bank Indonesia Perwakilan Riau meminta kepada perusahaan ritel atau hypermarket yang beroperasi di Tanah Air untuk tetap memaksimalkan penggunaan koin dalam transaksi pembayaran.

Kepala Kanwil BI Riau Ismet Inono mengatakan pihaknya sanggup melakukan distribusi koin berapapun jumlah dan jenis nominal koin yang dibutuhkan ritel atau hypermarket.

"Untuk ritel dan hypermarket kami harapkan tetap pakai koin untuk transaksi pembayaran dan uang kembalian, berapapun butuhnya kami siap untuk distribusikan," katanya Rabu (28/9/2016).

Ismet mengatakan memang harga yang tertera di ritel atau hypermarket memiliki nominal kecil atau nominal hingga Rp1 rupiah, sebagai upaya dan strategi dagang.
Meski demikian, perusahaan harus tetap membayarkan uang kembalian publik dengan uang koin sesuai nilai yang tertera saat transaksi.

Dengan pemakaian uang koin, langkah ini diharapkan bisa menekan terjadinya kenaikan harga barang akibat pembulatan ke atas pada harga yang biasa dilakukan oleh ritel dan hypermarket.

"Karena tidak ada koin jadi biasanya harga barang akan dibulatkan ke atas, ini yang perlu diantisipasi. Jadi uang koin perlu dan harus dipakai sebagai alat transaksi pembayaran untuk kebutuhan nominal kecil," katanya.

Adapun untuk memaksimalkan layanan penukaran uang, BI Riau menggandeng 48 bank umum yang ada di daerah tersebut sebagai tempat penukaran kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia uang perbankan ritel
Editor : Gita Arwana Cakti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top