Kemendikbud Buka PAUD KM 0 untuk Umum

Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD KM 0 Kemendikbud yang menjadi lembaga PAUD perdontohan nasional, akan dibuka untuk masyarakat umum
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 19 Agustus 2016  |  06:55 WIB
Kemendikbud Buka PAUD KM 0 untuk Umum
Ilustrasi Paud - www.kejarpaket.com

Bisnis.com, JAKARTA—Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD KM “0” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menjadi lembaga PAUD percontohan nasional, akan dibuka untuk masyarakat umum setiap hari Sabtu.

Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas) menyelenggarakan program “Main Bersama Ayah dan Bunda di PAUD KM ‘0’ Kemendikbud”.

Setiap Sabtu, pukul 10.00-13.00 WIB, anak-anak dan orang tua dapat berkunjung dan bermain ke PAUD tersebut untuk menghabiskan akhir pekan bersama. Untuk dapat bermain di PAUD KM “0”, orang tua harus terlebih dahulu mendaftar melalui alamat pos elektronik posel  progevpaud@kemdikbud.go.id .

Pendaftaran juga bisa dilakukan langsung dengan mendatangi Taman Penitipan Anak (TPA) Mekar Asih atau PAUD KM “0” Kemendikbud, di Senayan, Jakarta. Layanan ini disediakan secara gratis untuk masyarakat umum.

Direktur Pembinaan PAUD Kemen dikbud, Ella Yulaelawati mengatakan, PAUD KM “0” dibuka untuk umum karena tingginya permintmaan dari masyarakat yang ingin melihat dan bermain di PAUD percontohan nasional itu.

“Satiap Sabtu akan kita buka untuk umum dengan catatan, anak-anak harus didampingi orang tuanya atau pendamping lain,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kemdikbud, Kamis (18/8/2016).

Dengan didampingi orang tuanya, anak-anak dapat bermain bersama anak lain dengan usia maksimal delapan tahun. Setiap anak diperbolehkan bermain selama maksimal dua jam.

PAUD KM “0” merupakan PAUD Percontohan dari Kemendikbud yang diresmikan pada 20 Juni 2016. Sebelumnya, tempat ini bernama Taman Penitipan Anak (TPA) Mekar Asih yang telah berdiri sejak tahun 1995. 

Fasilitas di PAUD KM “0” sangat lengkap dan baik. Ruangan-ruangannya terbagi menjadi ruangan yang tematik, antara lain ruang seni dan kreatif yang dilengkapi dengan berbagai mainan yang merangsang kreativitas anak dan area bermain peran yang dilengkapi dengan pakaian anak dari berbagai profesi/pekerjaan dan peralatannya.

Selain itu juga ada ruang musik dengan berbagai alat musik tradisional maupun modern, area balok dan gerak, hingga area basah, di mana anak-anak dapat bermain air di kolam kecil serta bermain pasir.

Selain itu ada juga ruang anak usia 1-2 tahun, ruang anak usia 2-3 tahun, ruang Pra SD, ruang tidur, ruang bayi, ruang laktasi, ruang ibadah, dan ruang makan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Anak-anak Paud

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup