Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT KE-71 RI: BUMN Gelar Beragam Aksi Sosial untuk Veteran, Siswa, dan Narapidana

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 tahun 2016 ini, Pelindo IV sebagai host program BUMN Hadir Untuk Negeri di Kalimantan Utara dan Semen Gresik sebagai co-host, melakukan berbagai kegiatan sosial
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 tahun 2016 ini, Pelindo IV sebagai host program BUMN Hadir Untuk Negeri di Kalimantan Utara dan Semen Gresik sebagai co-host, melakukan berbagai kegiatan sosial

Beberapa kegiatan tersebut seperti bedah rumah veteran, BUMN Mengajar di sekolah-sekolah, Siswa mengenal nusantara, membangun tempat penitipan anak di pasar tradisional, sarana air bersih, pembinaan narapidana dan lainnya.

Dirut Pelindo IV Doso Agung saat menjadi inspektur upacara di Pelabuhan Tarakan dan diikuti seluruh BUMN di Kalimantan Utara 17/8/2016 menjelaskan peringatan HUT RI ini merupakan momen yang sangat tepat untuk mengaktualisasikan cita-cita kemerdekaan Indonesia menuju Masyarkat Adil dan Makmur.

“Dengan tag Line dari Kementerian BUMN yaitu “BUMN Hadir Untuk Negeri” sebagai jembatan untuk mewujudkan cita-cita yang mulia ini. Banyak program yang dipersembahkan oleh Kementerian BUMN untuk membantu atau meringankan beban rakyat Indonesia, khususnya di daerah perbatasan dan terluar seperti halnya yang kita lakukan di Kalimantan Utara ini,” kata Doso Agung.

Menurut Doso, beberapa kegiatan yang dilaksakan pada tahun ini dalam rangka program BUMN Hadir Untuk Negeri hingga benar-benar menyentuh kehidupan masyarakat setidaknya ada 12 antara lain bedah rumah veteran sebanyak 40 rumah masing-masing 24 unit di Kalimantan Utara dan 16 unit di Maluku. Lalu bantuan pelatihan, pembinaan narapidana dan pemberian sejumlah perangkat ke lapas, pembangunan fisik tempat penitipan anak di pasar tradisional, BUMN mengajar, penyediaan sarana air bersih, pembinaan mantan atlit nasional, pembinaan desa terpencil di perbatasan dan rawan konflik, pasar murah, jalan sehat 5 Km, berbagai lomba diikuti masyarakat luas, elektrifikasi dan pembangunan MCK.

“Banyak terstimoni dari masyarakat yang kami peroleh, bahwa kegiatan ini sangat membantu dan mengangkat taraf kehidupannya, sehingga mereka sangat berterima kasih kepada Pemerintah dan BUMN, khususnya BUMN yang pada tahun ini diberi amanah oleh Kementerian BUMN sebagai penanggung jawab untuk mewujudkan peran nyata BUMN sebagai agent of Development di tengah kehidupan masyarakat,” papar Doso Agung. Oleh karenanya, dalam momentum peringatan HUT Ke-71, Dirut Pelindo IV mengajak semua pihak agar mendukung apa yang menjadi program pemerintah, khususnya BUMN.

Karena pada dasarnya apa yang lakukan Pelindo IV dan BUMN yang ada di Kalimantan Utara lainnya pada hakekatnya adalah untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas. Dikatakan Dirut Pelindo IV, keberadaan BUMN di tengah-tengah masyarakat sebagai jembatan dalam rangka mengakselerasi program-program Pemerintah yang berorientasi kepada kemakmuran masyarakat Indonesia.

“Kami selaku penanggung jawab program ini meminta agar apa yang telah kami persembahkan kepada masyarakat dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, walaupun masih terdapat kekurangan, mohon hal tersebut dapat dimaknai sebagai persembahan bakti dan kerja nyata kami selaku Agent of Development atau agen pembangunan kepada Negara yang kita cintai ini untuk percepatan pembangunan di daerah,” terang Doso.

Sedangkan untuk tahun ini yang diberikan amanah oleh Kementerian BUMN untuk menyelenggarakan moment tersebut di Kalimantan Utara yakni PT Pelindo IV (Persero) dan PT Semen Gresik. Namun tanpa kehadiran masyarakat yang secara bersamama terlibat dalam setiap program pemerintah, maka tentunya Pemerintah ataupun BUMN mustahil mencapai apa yang dicita-citakan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper