Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kata Menteri Yasonna, Gloria Bisa WNI Saat Berusia 18 Tahun

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan Gloria Natapradja Hamel bisa memperoleh status warga negara Indonesia pada usia 18 tahun.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Agustus 2016  |  17:27 WIB
Yasonna H. Laoly - Antara
Yasonna H. Laoly - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan Gloria Natapradja Hamel bisa memperoleh status warga negara Indonesia pada usia 18 tahun.

"Kalau dia mau jadi WNI, setelah berusia 18 tahun dia daftar. Di situ kesempatan dia," kata Yasonna di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Dikatakan, Gloria memiliki dua kewarganegaraan lantaran ayahnya adalah warga negara Prancis, sementara ibunya adalah WNI.

"Dia berhak memperoleh dwi kewarganegaraan. Dia lahir sebelum UU Kewarganegaraan tahun 2006. UU sebelum itu mengatur dia harus daftar untuk menjadi WNI paling lambat empat tahun sebelum usia 18 agar bisa dwi kewarganegaraan," kata dia.

Artinya, kata Yasonna, orang tua Gloria paling lambat 1 Agustus 2014 harus sudah mendaftarkan kewarganegaraannya. Akan tetapi, tenggat waktu akhir itu dilewati.

Otomatis, lanjut dia, Gloria kehilangan kesempatan memperoleh dwi kewarganegaran sesuai aturan lama, karena yang bersangkutan tidak kunjung mendaftarkan diri ke pemerintah Indonesia soal dwi kewarganegaraannya empat tahun sebelum dia 18 tahun.

Atas dasar itu, Yasonna mengutip pernyataan Menpora bahwa yang dapat ikut paskibraka haruslah WNI. Dengan begitu, Gloria tidak dapat ikut ambil bagian menjadi paskibraka pada 17 Agustus 2016 di Istana Merdeka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

paskibraka

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top