Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isu Kewarganegaraan: Arcandra Tahar Datangi Istana 3,5 Jam

Di tengah kencangnya isu dwi kewarganegaraan, mobil hitam berplat nomor B1250 RFS yang ditumpangi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar terparkir di halaman Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan sekitar 3,5 jam.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar/Antara-M Agung Rajasa
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar/Antara-M Agung Rajasa

Kabar24.com, JAKARTA – Di tengah kencangnya isu dwi kewarganegaraan, mobil hitam berplat nomor B1250 RFS yang ditumpangi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar terparkir di halaman Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan sekitar 3,5 jam.
 
Arcandra masuk ke kompleks Istana sekitar pukul 15.30 WIB dan terlihat keluar sekitar pukul 19.25 WIB. Kencang dikabarkan hadirnya Arcandra ke istana menyangkut perihal isu dwikewarganegaraan yang menimpa ahli Migas tersebut.

Selain Arcandra, tampak pula mobil Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Gubernur DKI Jakarta Basoeki Tjahaja Purnama di pelataran Wisma Negara sejak sore.

Sebagai informasi, biasanya Menteri yang bertemu Presiden masuk lewat pintu Istana Negara, bukan Wisma Negara. Adapun, Yasonna Laoly tampak keluar pertama sekitar pukul 18.13 WIB. Yasonna menolak memberikan keterangan pers.

Setelahnya, Ahok keluar dari Wisma Negara pukul 18.29 WIB. Kendati demikian, Ahok mengaku bahwa dirinya bicara hal yang lain, yakni tentang perkembangan pasar dan kemelut harga sembako.
 
“Saya tadi sama pak Pratikno dan pak Jokowi bicara harga daging dan sembako, kemarin kan pak Menko [Darmin Nasution] melapor [Presiden] seolah-olah Pasar Jaya menolak. Sebenarnya yang menolak itu pedagangnya,” katanya, di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (15/8/2016).

Di sisi lain, Ketua Umum Golkar Setya Novanto tampak keluar dari sisi kompleks Istana Kepresidenan yang lain, yakni dari pintu keluar Istana Negara sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu, Setya mengaku hanya membicarakan perihal persiapan Hari Kemerdekaan dan masalah berkaitan UU yang menjadi perhatian fraksi di DPR.

Tadi pagi, Arcandra sebetulnya sudah menghadap Menko Polhukam Wiranto di kantor Menkopulhukam. Selang beberapa menit pertemuan selesai, Wiranto terlihat menyambangi Istana Negara.

Saat tiba di Istana, Wiranto mengatakan bahwa pihaknya berencana menggelar jumpa pers untuk menjelaskan isu dwi kewarganegaraan Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Dalam dua hari terakhir, sejumlah pihak menginginkan klarifikasi dari pemerintah terkait isu sumpah yang telah dilakukan Arcandra untuk Amerika Serikat.

"Saya akan mengundang Pak Arcandra, bersama saya akan menjelaskan hal-hal yang memang perlu dijelaskan kepada masyarakat," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan.

Rencananya, Menko Polhukam bakal melakukan konpers pada pukul 15.00 WIB. Namun, konpers tersebut batal karena Wiranto dikabarkan kembali dipanggil Presiden ke Istana.

Berdasarkan pantauan Bisnis, mobil Arcandra Tahar akhirnya bergerak menuju Kementerian ESDM dan tiba di kementeriannya sekitar pukul 19.35 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper