Komisi Yudisial Rekomendasikan 4 Kriteria Pengganti Nurhadi

Komisi Yudisial berharap penggantin. mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi bisa memperbaiki citra lembaga peradilan.
Edi Suwiknyo | 02 Agustus 2016 00:41 WIB
Kantor Komisi Yudisial - setkab.go.id

Kabar24.com, JAKARTA - Komisi Yudisial berharap pengganti mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi bisa memperbaiki citra lembaga peradilan.

Ada empat kriteria yang menurut KY bisa menjadi parameter bagi MA untuk mencari pengganti Nurhadi.

"Kami mencatat empat hal untuk benar-benar mereformasi dunia peradilan," kata Komisioner KY Farid Wajdi di Jakarta, Senin (1/8/2016).

Adapun keempat kriteria itu yakni pertama, kemauan  kuat untuk memperbaiki internal. Pasalnya jika es spirit de corps tidak ditempatkan pada tempatnya akan menjadi penghalang bagi proses reformasi peradilan. 

Kedua,  pelaku perubahan harus bebas dari segala beban  termasuk bersih dari tindakan koruptif. Ketiga, transparan  dan akuntabel. Keempat, meminimalisir sentralisasi peran.  

“Kewenangan yang  terlalu absolut  cenderung akan menghasilkan pelanggaran dan kesewenang-wenangan,” kata Farid.

Pendapat KY itu merespons pengunduran diri Sekretaris MA Nurhadi pada Jumat (22/7/2016) lalu. Pengunduran diri Nurhadi itu dilakukan di tengah polemik "mafia peradilan" di tubuh MA.

Beberapa kalangan berhadap, mundurnya Nurhadi menjadi titik balik proses reformasi peradilan. Namun demikian, proses itu tak akan efektif tanpa keterlibatan Ketua MA secara langsung. 

 

Tag : Nurhadi
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top