Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Rp50 Juta, Uang Koin di Pekanbaru Hanya Kembali 5%

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Pekanbaru menyatakan tingkat pengembalian uang koin di daerah itu sangat rendah yaitu hanya sebesar 5% dari total uang yang diedarkan kepada masyarakat.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 31 Juli 2016  |  23:07 WIB
Dari Rp50 Juta, Uang Koin di Pekanbaru Hanya Kembali 5%
Bank Indonesia - Ilustrasi/Bisnis
Bagikan

Kabar24.com, PEKANBARU – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Pekanbaru menyatakan tingkat pengembalian uang koin di daerah itu sangat rendah yaitu hanya sebesar 5% dari total uang yang diedarkan kepada masyarakat.

Manajer Distribusi Uang KPW BI Pekanbaru Triyanta mengatakan secara rerata, setiap harinya BI mengeluarkan uang koin untuk keperluan transaksi masyarakat senilai Rp50 juta.

“Setiap hari permintaan uang koin ke kami sekitar Rp50 juta atau lebih, tetapi sampai sekarang tingkat pengembaliannya ke BI sangat rendah yaitu hanya sekitar 5% saja,” katanya kepada Bisnis, Minggu (31/7).

Sisa koin yang tidak kembali ini kata dia, diperkirakan terabaikan dan tidak digunakan kembali oleh masyarakat Pekanbaru sebagai alat pembayaran.

Untuk mengantisipasi hal itu, BI Pekanbaru mendorong masyarakat agar peduli dengan uang koin, dalam bentuk kampanye Gerakan Peduli Koin Nasional. Pada kegiatan ini, BI Pekanbaru menggandeng 13 perbankan umum.

Pada kegiatan ini, Bank Indonesia menerima penukaran uang koin semua pecahan berapapun nominalnya mulai Rp1.000 sampai tidak terhingga.

“Antusiasme masyarakat cukup baik dan banyak yang bertanya bagaimana bisa berpartisipasi, selain itu juga mulai ada kesadaran dari warga untuk peduli dengan koin dan mau menukarkan uangnya kepada kami,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia uang pekanbaru
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top