Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAMERAN 17/71: Lukisan Berjudul Rini Karya Soekarno Ikut Ditampilkan

Istana Kepresidenan untuk pertama kalinya akan menampilkan karya-karya seni terbaiknya dalam pameran bertajuk 17/71: Goresan Juang Kemerdekaan di Galeri Nasional, Jakarta, 1 hingga 30 Agustus 2016. Di antara karya itu, terselip lukisan milik Presiden RI ke-1 Soekarno
Ilustrasi./Antara-Irfan Anshori
Ilustrasi./Antara-Irfan Anshori

Bisnis.com, JAKARTA - Istana Kepresidenan untuk pertama kalinya akan menampilkan karya-karya seni terbaiknya dalam pameran bertajuk 17/71: Goresan Juang Kemerdekaan di Galeri Nasional, Jakarta, 1 hingga 30 Agustus 2016. Di antara karya itu, terselip lukisan milik Presiden RI ke-1 Soekarno.

Kurator pameran Mikke Susanto mengatakan lukisan Soekarno berjudul Rini itu sejak dibuat pada 1958 belum pernah dipamerkan ke publik. Selama ini lukisan itu berada di sudut Istana Bogor. 

"Ini akan menjadi pameran pertama Presiden Soekarno," katanya kepada Bisnis usai konferensi pers pameran di Kompleks Setneg, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Menurut Mikke, Soekarno sejak awal meletakkan lukisan sosok wanita itu di salah satu sudut Istana Bogor. Sejak saat itu, kendati presiden telah berganti belum ada yang berani memindahkan posisi lukisan tersebut. Dengan dipamerkannya lukisan itu, Mikke menuturkan masyarakat bisa melihat secara langsung karya presiden yang memang dikenal cinta kesenian itu.

Secara keseluruhan pameran menampilkan 28 lukisan karya pelukis legendaris. Lukisan-lukisan tersebut diambil dari Istana Bogor, Jogjakarta, Cipanas, dan Jakarta. Selain lukisan ada 100 foto kepresidenan dan sembilan buku tentang koleksi lukisan Istana Kepresidenan yang ikut dipamerkan.

Sebagian pernah dipamerkan, sebagian belum pernah termasuk soekarno. termasuk lukisan soekarno judul rini, dari istana bogor. diletakan presiden soekarno, dan tidak pernah ada yang berani. semua istana bekerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper