Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Solar Boat Buatan ITS Siap Berkompetisi Di Jepang

Dua kapal bertenaga surya atau Solar Boat buatan tim Barunastra RoboBoat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bakal berkompetisi di ajang Yanagawa Solar Boat Festival 2016, pada 6-7 Agustus 2016, di Fukuoka, Jepang.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 20 Juli 2016  |  23:25 WIB
Solar Boat Buatan ITS Siap Berkompetisi Di Jepang
Institut Teknologi Sepuluh Nopember - briliantapanjol.blogspot.com
Bagikan

Kabar24.com, SURABAYA - Dua kapal bertenaga surya atau Solar Boat buatan tim Barunastra RoboBoat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bakal berkompetisi di ajang Yanagawa Solar Boat Festival 2016, pada 6-7 Agustus 2016, di Fukuoka, Jepang.

Ketua tim Batharasurya ITS, Dwiko Hadianto, mengatakan Yanagawa Solar Boat Festival merupakan kompetisi kapal tenaga surya tahunan yang digelar oleh Pemerintah Prefektur Fukuoka Jepang, yang mempertemukan perwakilan negara-negara di Asia.

"Tahun lalu kami berada di peringkat tujuh, dan tahun ini merupakan kali kedua keikutsertaan tim kami dan berharap bisa berada diperingkat lebih baik lagi," katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (20/7/2016).

Dia menjelaskan, berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini tim Batharasurya mengirimkan dua kapal dengan keunggulan berbeda satu disiapkan untuk lomba yang memperhitungkan kecepatan, satunya lagi kapal untuk lomba yang menilai aspek manuver.

"Keduanya kami buat dengan sepesifikasi berbeda. Target kami saat lomba nanti bisa mencapai kecepatan di atas 20 km/jam, karena itu bobot kapal kami buat seringan mungkin dan propeller atau baling-baling kami buat dengan hambatan yang ringan serta mampu menghasilkan torsi lebih besar," jelasnya.

Dosen pembimbing Tim Batharasurya ITS, Andhika Estiyono menambahkan setahun lalu, spesifikasi bobot kapal mencapai 68 kg kini kami bisa dikurangi menjadi 20 kg. Pengurangan berat ini ditargetkan dapat mempercepat lajunya kapal yang akan berlaga.

"Kapal ini memiliki desain step holl yang akan mampu mengurangi hambatan air saat kapal dalam kondisi lambung depan kapal mengangkat atau kondisi planning. Kondisi ini bisa dicapai apabila kapal sudah memiliki kecepatan tertentu dengan target kecepatan 20 km/jam," jelas Dosen dari Jurusan Desain Produk Industri ini.

Sebelumnya kapal tersebut pun pernah  berhasil merebut juara 3 dunia pada ajang Kompetisi RoboBoat Internasional 2016, yang diselenggarakan oleh AUVSI Foundation, di Virginia Amerika Serikat (AS).

Pada ajang kompetisi bertaraf internasional yang sudah diselenggarakan untuk ke-9 kalinya itu bakal diikuti oleh beberapa negara di dunia. Indonesia ada dua, selain ITS ada dari UI yang berada di peringkat lima besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top