Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paruh Pertama Tahun Ini, Perbankan Himpun Dana Pelajar di Sulsel Rp1,7 Miliar

Otoritas Jasa Keuangan mencatatkan jumlah nasabah program tabungan pelajar atau Simpel di Sulawesi telah mencapai 13.387 rekening hingga akhir paruh pertama tahun ini.
Simpanan Pelajar. /Bisnis.com
Simpanan Pelajar. /Bisnis.com

Kabar24.com, MAKASSAR - Otoritas Jasa Keuangan mencatatkan jumlah nasabah program tabungan pelajar atau Simpel di Sulawesi telah mencapai 13.387 rekening hingga akhir paruh pertama tahun ini.

Kepala Kantor OJK Regional 6 Sulampua, Bambang Kismono, mengatakan program yang dilincurkan secara nasional pada September 2015 lalu itu direspon sangat positif oleh masyarakat terkhusus segmen pelajar berbagai tingkatan yang memang menjadi sasaran utama.

Menurutnya, jumlah rekening tabungan Simpel tersebut dipastikan bakal terus bertambah hingga akhir tahun ini seiring dengan jumlah perjanjian yang siap dilaksankan telah mencapai 527 PKS.

"Memang dari sisi nominal tabungan secara kumulatif relatif kecil, hingga saat ini sebesar Rp1,7 miliar, itu dari 13.000 lebih rekening Simpel di Sulsel," katanya kepada Bisnis, Selasa (19/7/2016).

Kendatri demikian, orientasi prrogram yang diinisasi oleh otoritas tersebut diakui hanya berfokus pada memacu edukasi dan literasi keuangan untuk segmen pelajar serta membangun budaya menabung sejak dini meski dalam volume yang relatif kecil.

Sejauh ini, otoritas telah melalukan edukasi terhadap 566 sekolah yang tersebar pada sejumlah kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, di mana untuk pelaksaan oleh perbankan yang terlibat dalam prgram tersebut.

Adapun program Simpel oleh 8 bank konvensional yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, Bank Permata, BJB serta Bank Jatim. Selain itu terdapat pula 6 bank umum syariah yakni Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah, BCA Syariah serta Bank Panin Syariah.

Bambang menguraikan, untuk tabungan Simpel iB yang dilakukan oleh perbankan syariah pelaksana program tersebut baik BUS maupun UUS yang beroperasi di Sulaewesi Selatan telah mencatatkan sebanyak 2.535 rekening.

Angka tersebut mencsapai sekitar 19% terhadap total rekening prgram Simpel yang telah dimiliki oleh pelajar di Sulawesi Selatan hingga semester pertama 2016.

Kendati demikian dari sisi nominal tabungan, Simpel iB mencatatkan komposisi hingga 36,41% atau sebesar Rp619 juta terhadap total penghimpunan dana dari program Simpel yang mencapai Rp1,7 miliar.

Deputi Direktur Perizinan OJK Regional 6 Sulampua, Andi Jusuf, mengatakan keunggulan dari tabungan Simpel tersebut diantaranya nama pelajar tercantum pada buku tabungan, setoran awal yang ringan, bebas biaya administrasi bulanan, minimum setoran yang terjangkau setiap kali menabung.

Kendati demikian, Satu siswa hanya boleh memiliki satu rekening di satu bank yang sama, tidak diperkenankan untuk rekening bersama (join account) dengan status dan/atau transaksi.

Sementara itu, untuk penarikan, penyetoran, dan pemindahbukuan dapat dilayani di sekolah dan semua channel bank sesuai kebijakan bank bersangkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper