Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPAI: Kampanye Orang Tua Hadir Hari Pertama Sekolah, Memotivasi Siswa

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan apresiasi atas kampanye kunjungi sekolah di hari pertama masuk yang digalakkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan apresiasi atas kampanye kunjungi sekolah di hari pertama masuk yang digalakkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pasalnya hal tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kesekolah untuk menuntut ilmu. "Kita sudah menyatakan apresiasi tinggi kepada Menteri Anies Baswedan terkait dengan kampanye ini.

Hari ini kita kunjungan langsung agar masyarakat bisa merasakan hadir nya negara dalam hal pendidikan dan pengasuhan anak,” kata Asrorun Niam Sholeh, Ketua KPAI, seperti siaran pers, Senin (18/7/2016).

Lebih lanjut, Niam mengungkapkan ada tiga pusat pendidikan yang harus saling terkait, yakni rumah, sekolah dan lingkungan. Menurutnya ketiganya saling berkaitan dan memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak. “Oleh sebab itu, ketika orang tua mengantar anak sekolah, sesungguhnya dia menjadi bagian pendidikan yang berpengaruh besar untuk kehidupan anak kelak," ujarnya.

Menurutnya komunikasi orang tua dengan guru sangat penting untuk keberhasilan pendidikan anak. "Dengan orangtua mengantar anak ke sekolah, maka akan terjalin ikatan psikologis yang kuat. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada proses tumbuh kembang anak dan ini pondasi yang baik dalam wujudkan situasi belajar yang menyenangkan", tambahnya.

Sementara itu, Anies Baswedan mengatakan, kampanye antar anak ke sekolah merupakan bagian dari revolusi mental yang digagas Presiden Jokowi. Dia bersyukur kampanye ini mendapat respon positif dari masyarakat. Anies juga menambahkan program masa orientasi sekolah telah dihapus dan sebagai gantinya adalah program Pengenalan Lingkungan Sekolah yang diselenggarakan secara resmi oleh guru dan sekolah.

Program ini bertujuan untuk menghapus bullying dan perpeloncoan senior ke junior. Menurutnya dengan orangtua ke sekolah, maka proses pengenalan kegiatan belajar mengajar bisa langsung diketahui orang tua. “Kita berharap tidak ada lagi perpeloncoan di masa orientasi sekolah. Sebagai gantinya adalah orangtua langsung datang ke sekolah menyaksikan anak-anak mereka belajar,” kata Anies sambil tersenyum.

Terkait Hari Pertama Sekolah, Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh, Mendikbud Anies Baswedan, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Kepala Dinas Pendidikan Bogor Dace Supriyadi, Senin (18/7) mengunjungi SD Negeri 1 Bogor, Jawa Barat. Kunjungan bersama itu untuk memantau secara langsung kampanye antar anak di hari pertama sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper