Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hubungan Bilateral: Wapres JK Gelar Pertemuan Dengan Negara Benua Biru

Pemerintah akan memanfaatkan momentum Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Eropa ke-11 untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara Eropa di Mongolia pada 15-16 Juli 2016.
Wapres Jusuf Kalla/Antara
Wapres Jusuf Kalla/Antara

Bisnis.com, SEOUL - Pemerintah akan memanfaatkan momentum Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Eropa ke-11 untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara Eropa di Mongolia pada 15-16 Juli 2016.

Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Ulan Bator, Mongolia, pada Kamis (14/7/2016) pagi, tepatnya sekitar pukul 08.00 WIB. Wapres Kalla berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing Bussiness Jet 2.

Husain Abdullah, Juru Bicara Wakil Presiden mengatakan Wapres Kalla melaksanakan kunjungan kerja didampingi Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir.

"Wapres akan menempuh penerbangan selama 6 jam 50 menit menuju Bandara Internasional Chinggis Khaan, Ulan Bator, Mongolia. Namun dalam perjalanan, Wapres dijadwalkan transit di Medan, untuk keperluan pengisian bahan bakar pesawat," papar Husain dalam keterangan tertulis.

Rombongan Wapres diperkirakan tiba di tujuan pada Kamis (14/7/2016) pukul 19.35 Waktu Setempat, dan langsung menuju Asia-Europe Meeting (ASEM) Villa.

Keesokan harinya, Jumat (15/7/2016), Wapres beserta delegasi terbatas menuju Hotel Shangri La, Ulan Bator untuk mengikuti upacara pembukaan Asia-Europe Meeting ke-11 Tahun 2016 pada pukul 09.00. Pada Sesi Plenary sekitar pukul 09.30, Wapres diagendakan untuk menyampaikan pidato selama 3 menit.

Guna memanfaatkan jeda Plenary ASEM, Wapres dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara dan perdana menteri. Antara lain, bertemu Presiden Republik Siprus, Perdana Menteri Ceko, Perdana Menteri Estonia,dan Pertemuan Perdana Menteri Kerajaan Belanda, serta Presiden Myanmar.

Pada sore harinya, Wapres akan menyaksikan Festival Kebudayaan Nomaden-Nadaam di Kompleks Chinggisiin Khuree. Dilanjutkan malam harinya, Wapres menghadiri undangan jamuan santap malam dari Presiden Mongolia, Taakhiagiin Elbegdorj di Khaan Ger, komplek Chinggissiin Khuree.

Asia-Europe Meeting adalah forum yang dibentuk untuk membicarakan permasalahan-permasalahan yang melibatkan negara-negara Eropa dan Asia. Berbagai topik yang akan dibahas terkait bidang ekonomi, politik, strategi pertahanan, pendidikan, kebudayaan dan lingkungan hidup.

ASEM dirancang sebagai forum pembicaraan informal antara negara-negara Eropa dan Asia. Pertemuan para menteri berlangsung setiap tahun, sedangkan pertemuan antara kepala pemerintahan/negara (KTT) diadakan setiap dua tahun sekali sejak 1996 lalu, dengan lokasi saling bergantian antara negata Eropa dan Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper