Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ucapkan Selamat Idulfitri, Vladimir Putin: Umat Islam Rusia Hidup Makmur

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1437 H kepada seluruh umat Islam di Negeri Beruang Merah.nn
Presiden RI Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di kediaman kenegaraan Bocharov Ruchei, di Sochi, Rusia,  Rabu (18/5)./Reuters-Sergei Karpukhin
Presiden RI Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di kediaman kenegaraan Bocharov Ruchei, di Sochi, Rusia, Rabu (18/5)./Reuters-Sergei Karpukhin

Bisnis.com, MOSCOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1437 H kepada seluruh umat Islam di Negeri Beruang Merah.

Putin menyebutkan Idulfitri merupakan tradisi keagamaan, sejarah, dan budaya yang telah diperingati kaum Muslim selama berabad-abad. Di Rusia, umat Islam setempat merayakan Hari Kemenangan bersama komunitas dan keluarga.

“Idulfitri adalah saat untuk me-review puncak spiritual yang telah umat Islam capai sepanjang bulan Ramadan,” katanya sebagaimana dikutip Bisnis.com dari situs resmi Kepresidenan Rusia, Selasa (5/7/2016) malam.

Rusia tidak bisa dilepaskan dari komunitas Islam. Karena itu, Putin mengatakan mereka dapat membangun masjid-masjid baru, mendirikan universitas, madrasah, Akademi Islam Bulgaria,  hingga mengatur tata kelola perjalanan ibadah haji.

“Hari ini kita melihat bahwa umat Islam di Rusia makmur. Mereka memperkuat kerja sama dengan Dewan Tinggi Islam dalam negara-negara bagian dan negara asing,” ujar mantan agen mata-mata KGB ini.

Di samping itu, Putin juga memuji kontribusi umat Islam dalam membangun dialog antaragama dan etnis. Kolaborasi aktif juga terus dilakukan dengan organisasi pemerintah dan publik dalam program pendidikan hingga amal.

Di Rusia, Idulfitri dikenal dengan nama Uraza Bairam. Diperkirakan sebanyak 23 juta umat Islam hidup di negeri itu, sedangkan jumlah penduduk Rusia secara keseluruhan mencapai 141 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : en.kremlin.ru
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper