Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kronologi Pembajakan dan Penyanderaan WNI di Filipina Selatan

Dua aksi pembajakan yang berujung penyanderaan terhadap WNI yang kembali terjadi di Filipina. Dalam aksinya pembajak pertama menggunakan dua perahu sedangkan pembajak kedua menggunakan 3 perahu.
Ilustrasi: Empat anak buah kapal korban penyanderaan kelompok Abu Sayyaf tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (13/5)./Antara-M Agung Rajasa
Ilustrasi: Empat anak buah kapal korban penyanderaan kelompok Abu Sayyaf tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (13/5)./Antara-M Agung Rajasa

Kabar24.com, JAKARTA - Dua aksi pembajakan yang berujung penyanderaan terhadap WNI yang kembali terjadi di Filipina. Dalam aksinya pembajak pertama menggunakan dua perahu sedangkan pembajak kedua menggunakan 3 perahu.

Hal itu terungkap dari keterangan pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut setelah melakukan pendalaman terhadap anak buah kapal TB Charles berkewarganegaraan Indonesia terkait kasus penyanderaan WNI.

Saat ini, kapal TB Charles bersandar di Dermaga Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto di Jakarta, Minggu (26/6/2016).

Sebelumnya, kapal tersebut ditemukan KRI Multatuli-561 unsur Guspurlatim dan dikawal menuju Samarinda serta dilanjutkan pengawalan oleh KRI Kerapu-821 unsur Guskamlatim menuju Balikpapan.

Ketika terjadi ketidakjelasan berita penyanderaan tersebut, kata dia, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi menginstruksikan unsur gelar segera untuk menemukan Kapal TB Charles tersebut untuk verifikasi.

"Ternyata benar adanya telah terjadi penyanderaan," kata Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto.

Selanjutnya, setelah Kapal TB Charles bersandar di Dermaga Semayang, Sabtu (25/6), dilaksanakan identifikasi terhadap crew Tug Boat yang kembali tersebut oleh tim dari Lantamal XIII, Guskamlatim dan Lanal Balikpapan.

Kejadian itu, kata Kadispenal, bukan di wilayah yurisdiksi Indonesia. Meski demikian, unsur-unsur TNI AL, baik yang berada di bawah Gugus Tempur Laut (Guspurla) maupun Gugus Keamanan Laut (Guskamla) tetap melakukan operasi dan patroli sesuai dengan tugas pokok masing-masing dan sektor yang telah ditetapkan.

Dari keterangan yang diperoleh pihak TNI AL, pada hari Sabtu (18/6), Kapal TB Charles berangkat dari Philipina Cagayan De Oro Port menuju ke Samarinda dengan 13 ABK.

Di dalam perjalanan, pada hari Senin (20/6) pukul 11.30 WIB di Laut Jolo terjadi pembajakan dengan menggunakan dua perahu yang beranggotakan empat sampai lima orang, salah satu di antara mereka menggunakan bahasa melayu dan membawa senjata api laras panjang.

Para pelaku kemudian menculik tiga ABK, yaitu Capt. Fery Arifin (nakhoda), Muh. Mahbrur Dahri (KKM), dan Edy Suryono (Masinis II), serta merampas semua alat komunikasi kapal.

Setelah kejadian itu, kapal tersebut dilepas dan melanjutkan perjalanan dengan sisa ABK 10 orang. Di dalam perjalanan hanya berselisih waktu 1 jam 15 menit dengan kejadian pertama, Kapal TB Charles 001 kembali dibajak oleh kelompok lain dengan menggunakan tiga perahu yang beranggotakan delapan sampai 10 orang.

Dari informasi yang diperoleh, pembajak tersebut menggunakan bahasa Inggris dengan sikap kasar dan arogan, bersenjata laras panjang dan pistol, kemudian menculik empat ABK yaitu, Ismail (Mualim I), Robin Piter (juru mudi), Muhammad Nasir (Masinis III), dan Muhamad Sofyan (Oilman).

Setelah melakukan penculikan, kelompok tersebut melepaskan Kapal TB Charles dengan sisa enam ABK, yaitu Andi Wahyu (Mualim II), Syahril (Masinis IV), Albertus Temu Slamet (juru mudi), Reidgar Frederik Lahiwu (juru mudi), Rudi Kurniawan (juru mudi), dan Agung E. Saputra (juru masak).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper