Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penukaran Uang: Dua Pekan, di Riau Capai Rp855 Miliar

Hampir dua pekan berjalan, program penukaran uang baru yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Riau sudah tercatat mencapai Rp855 miliar.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU – Hampir dua pekan berjalan, program penukaran uang baru yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Riau sudah tercatat mencapai Rp855 miliar.

Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Irwan Mulawarman mengatakan penukaran uang baru masih didominasi oleh penarikan bank umum setempat.

“Kami mencatat transaksi penukaran uang sudah Rp855 miliar, rinciannya penarikan bank umum setempat Rp831 miliar, penukaran di tenda kantor Bank Indonesia Rp9,1 miliar, penukaran di Bank Perkreditan Rakyat se-Riau Rp7,3 miliar,” katanya kepada Bisnis, Kamis (23/6/2016).

Selain transaksi itu, pihaknya juga mencatat transaksi di luar Pekanbaru yang digelar BI Riau di tiga tempat yaitu Dumai, Tembilahan, dan Pasir Pangaraian. Pada tiga lokasi ini, jumlah transaksi penukaran uang baru mencapai Rp8 miliar.

Irwan menilai penukaran dan penarikan uang bakal kian bertambah setelah proses pembayaran THR, dan gaji ke 13 PNS direalisasikan oleh perusahaan swasta dan pemda setempat.

Untuk kebutuhan penukaran ini, Bank Indonesia Perwakilan Riau sudah menyiapkan dana senilai Rp5,2 triliun.

“Dana tunai yang kami siapkan Rp5,2 triliun, lebih tinggi dari transaksi tahun lalu yang mencapai Rp4,2 triliun, kami perkirakan transaksinya bakal sama dengan tahun lalu atau bisa sampai Rp4,5 triliun,” katanya.

Adapun BI Riau saat ini memiliki dana cadangan hingga Rp7,5 triliun yang memang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan dana daerah Riau dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper