Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putin Desak Uni Eropa Bergabung dalam Kemitraan Eurasia

Bisnis.com, ST. PETERSBURGH -- Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat menyerukan Uni Eropa (EU) untuk melupakan perbedaan politik dengan Moskow dan bergabung dengan kemitraan Eurasia
Presiden Rusia Vladimir Putin. /Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin. /Reuters

Kabar24.com, ST PETERSBURGH - Presiden Rusia Vladimir Putin, Jumat (17/6/2016) menyerukan Uni Eropa (EU) untuk melupakan perbedaan politik dengan Moskow dan bergabung dengan kemitraan Eurasia.

"Kami tak lagi miliki dendam, dan kami siap untuk bertemu dengan mitra Eropa kami. Hal ini pastinya tidak bisa berjalan satu arah saja," kata Putin pada sesi pleno selama Forum tahunan St. Petersburg International Economic dalam upayanya mengajak kedua belah pihak melakukan pemulihan hubungan.

Hubungan antara Rusia dan Uni Eropa memburuk setelah bergabungnya Amerika Serikat dalam menjatuhkan beberapa sanksi terhadap Rusia atas pengambilalihan dari Crimea dan keterlibatan dalam krisis Ukraina sejak 2014.

Putin mengatakan salah satu langkah awal untuk memulihkan hubungan keduanya adalah menciptakan negosiasi perdagangan yang komprehensif dan kemitraan ekonomi di Eurasia antara Uni Ekonomi Eurasia dan China.

"Proyek ini tidak diragukan lagi terbuka untuk Eropa. Dan saya percaya interaksi tersebut dapat saling menguntungkan," katanya.

Berkenaan dengan hubungan Moskow dan Barat, yang telah meregang sejak akhir Perang Dingin, Putin mengatakan konfrontasi global seharusnya tidak menjadi dasar pengembangan hubungan internasional. "Baik Moskow maupun pihak lain tak ingin adanya Perang Dingin baru," katanya.

Pemimpin Rusia mendesak Washington untuk tidak menekan Uni Eropa dalam kerja sama dengan Rusia nantinya dan berjanji bahwa Kremlin siap untuk bekerja dengan presiden AS terpilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Xinhua
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper