Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bitung Fokus Kembangkan 5 Destinasi Wisata

Pemerintah Kota Bitung fokus menggarap lima sektor destinasi pariwisata untuk mendorong pendapatan asli daerah hingga meningkatkan geliat usaha masyarakat.
Pelabuhan Bitung/inaport4.co.id
Pelabuhan Bitung/inaport4.co.id

Kabar24.com, BITUNG—Pemerintah Kota Bitung fokus menggarap lima sektor destinasi pariwisata untuk mendorong pendapatan asli daerah hingga meningkatkan geliat usaha masyarakat.

Walikota Bitung Maxmiliaan J Lomban mengatakan pengembangan Bitung tidak hanya menjadi kota industri, tetapi juga kota pariwisata.

Nantinya, geliat industri yang ada, juga dapat dimasukkan sebagai salah satu destinasi wisata Bitung.

"Ada lima destinasi Pariwisata yang akan dikembangkan pemerintah kota Bitung yakni maritim, flora, fauna, industri dan sejarah. Harus disadari hidupnya pariwisata akan semakin menghidupkan roda perekonomian daerah," tuturnya dalam rapat koordinasi penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) Kota Bitung, Kamis (16/6).

Rapat yang dihadiri oleh Tim RIPPDA, Plt. Sekertaris Daerah Bitung Malton Andalangi, dan Ketua TP-PKK kota Bitung Khouni Lomban Rawung ini dilakukan untuk menampung masukan dan usulan dari setiap SKPD yang terkait dengan pengembangan pariwisata di Kota Bitung yang nantinya menjadi bahan penyusunan RIPPDA.

"Semua data yang dibutuhkan oleh Tim RIPPDA harus segera dimasukan dan itu menjadi prioritas, jangan diperlambat," katanya.

Lomban menambahkan kedepannya dalam pembangunan kepariwisataan Pemkot Bitung akan memperhatikan berbagai aspek, termasuk pelestarian lingkungan.

Menurutnya, pengembangan kepariwisataan harus memberikan keseimbangan pembangunan ekonomi, sosial-budaya, dan keberlanjutan.

Sementara itu, Ketua Tim Penyususnan RIPPDA Veronica Kumurur berharap Pemkot Bitung melalui SKPD terkait untuk mempersiapkan berbagai kesiapan teknis yang dibutuhkan.

“Untuk itu koordinasi antara tim dan rekan pejabat terkait sangat penting guna rampungnya penyusunan RIPPDA," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper