Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musim Panas, Jamaah Haji Diminta Siapkan Fisik

Pemerintah meminta seluruh calon jemaah haji mulai menjalani hidup sehat, untuk menjaga kondisi saat berada di Arab Saudi yang sedang memasuki musim panas.

Kabar24.com, JAKARTA—Pemerintah meminta seluruh calon jemaah haji mulai menjalani hidup sehat, untuk menjaga kondisi saat berada di Arab Saudi yang sedang memasuki musim panas.

Muchtaruddin Mansyur, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, mengatakan tindakan preventif dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat harus dilakukan, agar tetap dapat fit saat melaksanakan ibadah haji.

“Penting untuk melakukan tindakan preventif, untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal bagi setiap jemaah haji yang akan berangkat ke Arab Saudi,” katanya, Kamis (15/6).

Muchtaruddin menuturkan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini diperkirakan bertepatan dengan musim panas. Suhu di Arab Saudi pun diperkirakan mencapai 20 derajat celcius, sehingga kondisi fisik calon jemaah haji harus optimal, agar dapat mencegah penyakit.

Menurutnya, Kementerian Kesehatan sendiri telah melakukan pembinaan kesehatan kepada calon jemaah haji sejak awal. Pembinaan tersebut juga dimanfaatkan tim kesehatan haji Indonesia untuk mengenal satu persatu jemaah haji yang akan berangkat ke Arab Saudi.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menegaskan akan menyusun program pencegahan dengan mengoptimalkan tindakan promotif dan preventif. Untuk melaksanakan itu, Kementerian Kesehatan membentuk tim yang terdiri dari 18 orang dan berkeliling pemondokan jemaah haji Indonesia, untuk mengajak menjalani pola hidup sehat.

Selain itu, tahun ini Kementerian Kesehatan juga akan mulai menggunakan gelang kesehatan dengan sistem radio frequency identification.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper