Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau dan BPKP Tingkatkan Peran BUMD. Bank Riau Kepri Paling Sehat

Pemprov Riau berkomitmen meningkatkan peran BUMD untuk pembangunan daerah, dan mendorong koordinasi antarperusahaan daerah sehingga menjadi badan usaha yang sehat.

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemprov Riau berkomitmen meningkatkan peran BUMD untuk pembangunan daerah, dan mendorong koordinasi antarperusahaan daerah sehingga menjadi badan usaha yang sehat.

Untuk mewujudkan tujuan itu, pemprov menggandeng BPKP dalam pelaksanaan workshop Integrasi Sistem Pengawasan dan Pembinaan BUMD. Selain itu juga diadakan penandatanganan pakta integritas semua dewan komisaris dan direksi BUMD di Riau.

Dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Kamis (9/6/2016), Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan saat ini BUMD menjadi tulang punggung penerimaan asli daerah (PAD).

“Selain itu BUMD juga menjadi pilar pertumbuhan ekonomi sesuai tugasnya masing-masing, dan memiliki kekuatan luar biasa bila dikelola dengan baik, untuk itu perlu pembenahan dan akan didampingi BPKP dalam prosesnya,” katanya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Riau Sueb Cahyadi mengatakan ada  7 BUMD di Riau, dan hanya Bank Riau Kepri yang sehat. Menurut dia tentu menjadi tugas bersama untuk menjadikan BUMD yang lain ikut menjadi sehat dan kuat.

“Kunci utama dalam menjadikan BUMD yang sehat tentu saja dengan penyelenggaraan BUMD secara Good Corporate Governance (GCG),” katanya.

BPKP kata Sueb bersedia untuk mendampingi seluruh BUMD dalam konsultasi pengelolaan manajemen, konsultasi permasalahan pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan GCG termasuk dalam kaitan pengelolaan administrasi yang sesuai dengan aturan dan lainnya sesuai dengan peran dan fungsi BPKP.

“Khusus di Riau permasalahan BUMD biasanya permasalahannya adalah penyelenggaraan GCG yaitu TARIF (Transparency, Accountability, Responsibility, Indepandency dan Fairness),” katanya.

Sueb mengatakan Bank Riau Kepri sebagai BUMD yang paling sehat di Riau diharapkan menjadi lokomotif penggerak utama pelaksanaan GCG BUMD di Riau, termasuk peningkatan kompetensi dari para personil BUMD di Riau. Selain itu nantinya akan dilakukan berbagai kegiatan yang berkesinambungan berkaitan dengan pelaksanaan GCG di BUMD Povinsi Riau.

Sueb Cahyadi juga mengapresiasi Bank Riau Kepri yang telah bersedia menjadi motor dan role model dalam pembenahan BUMD di Riau secara keseluruhan dengan pendampingan oleh BPKP Riau.

Selain pelaksanaan workshop juga dilaksanakan penandatangan pakta integritas Peningkatan Kinerja BUMD Provinsi Riau yang ditandatangani oleh jajaran direksi dan komisaris yaitu PT. Bank Riau Kepri, PT. Pengembangan Investasi Riau, PT. Sarana Pembangunan Riau, PT. Pengembangan Ekonomi Rakyat, PT. Jamkrida dan PT. Riau Petrolium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper