Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Okupansi Rendah, Perhotelan Sumbar Pacu Promo Berbuka

Manajemen sejumlah hotel di Kota Padang, Sumatra Barat mengoptimalkan promo menu berbuka puasa guna mengantisipasi penurunan okupansi atau tingkat hunian selama Ramadan dan Lebaran tahun ini.
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen./Ilustrasi-Bisnis-Amri Nur Rahmat
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen./Ilustrasi-Bisnis-Amri Nur Rahmat

Kabar24.com, PADANG—Manajemen sejumlah hotel di Kota Padang, Sumatra Barat mengoptimalkan promo menu berbuka puasa guna mengantisipasi penurunan okupansi atau tingkat hunian selama Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Surni Yanti, General Manager Grand Zuri Hotel Padang mengatakan sejumlah promo khusus selama Ramadan, terutama untuk menu berbuka menjadi andalan untuk meningkatkan pendapatan mengingat potensi lesunya okupansi.

“Kami tawarkan lebih dari 30 variasi makanan untuk menu berbuka setiap harinya selama Ramadan,” katanya kepada Bisnis, Rabu (8/6).

Dia menyebutkan menu yang ditawarkan sebagian besar adalah masakan tradisional khas minang, serta perpaduan dengan menu nusantara.

Menu yang ditawarkan kelompok Zuri Hospitality Management (ZHM) itu a.l aneka kurma, serabi, lamang tapai, pisang santan, fresh corn, bermacam kolak tradisional, aneka es dan jus buah, serta aneka jajanan pasar untuk menu taj’il.

Selanjutnya, menu spesial dibuat berbeda setiap hari, mulai dari salada padang, soto madura, tenggiri gulai pauh, ayam kecap khas bandung, serundeng, cah lobak singgalang, mie goreng ayam, cireng, hingga cilok dan berbagai menu lainnya.

Manajemen hotel juga menyediakan live cooking, dengan pilihan tempat bagi pengunjung di Cerenti Restorant dan area Roof Top hotel dengan paket hanya Rp95.000 per orang.

Selain menu berbuka, Surni mengungkapkan pemberian diskon kamar 10% bagi korporat selama Ramadan.

Dia menyebutkan rerata okupansi sepanjang awal tahun ini berkisar 90%, dan ditargetkan mampu bertahan di kisaran angka tersebut sepanjang tahun.

General Manager Pangeran Beach Hotel Soedjoko menyebutkan manajemen juga memanfaatkan momen berbuka untuk meningkatkan okupansi dengan promo kamar dan paket berbuka.

“Untuk paket berbuka kami variasikan setiap hari dengan puluhan menu tradisional dan menu nusantara dengan harga hanya Rp105.000 per orang,” katanya.

Beberapa menu tradisional yang ditawarkan adalah bubur sum sum, lumpia, lamang tapai, samba lado hijau, lapek nago sari, dan berbagai menu lainnya.

Untuk kamar, Pangeran Beach menawarkan promo Rp550.000 termasuk sahur, dan Rp640.000 termasuk buka puasa.

Sejumlah hotel besar lainnya di daerah itu, juga menawarkan sejumlah promo menarik selama Ramadan seperti Grand Inna Muara Hotel, The Axana Hotel, Rocky Plaza Hotel, Mercure Hotel, dan Bumiminang Hotel.

General Manager Rocky Plaza Hotel Emir R Yahya menyebutkan Ramadan dan Lebaran merupakan periode low season, sehingga manajemen hotel harus lebih kreatif dan optimal memanfaatkan promo.

“Ramadan ini low season lagi, jadi untuk okupansi [Rocky Grup] rata-rata ya di kisaran 65%,” ujarnya.     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper