Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Indonesia 6 Juni, Seksi Utama: Harga Pangan Diantisipasi

Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Senin, 6 Juni 2016. Seksi Utama, Harga pangan diantisipasi.
Bisnis Indonesia Cetak Edisi Senin, 6 Juni 2016 Seksi Utama/epaper.bisnis.com
Bisnis Indonesia Cetak Edisi Senin, 6 Juni 2016 Seksi Utama/epaper.bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Senin, 6 Juni 2016. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. ANTISIPASI HARGA PANGAN ; Awasi Ulah Distributor

Pemerintah mengklaim langkah mengguyur pasokan lewat operasi pasar untuk menekan harga pangan mulai membuahkan hasil. Namun, pelaku usaha justru menilai harga beberapa komoditas naik drastis pada awal Ramadan. 

CADANGAN ENERGI ; Pemerintah Alokasikan Rp1,6 Triliun

Pemerintah mengalokasikan dana ketahanan energi dan dana cadangan bahan bakar minyak (strategic petroleum reserve/ SPR) sebesar Rp1,6 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan 2016.

Siklus Rutin Kenaikan Harga Pangan

Bulan Ramadan, Idulfitri dan momen keagaamaan lain, harga-harga pangan strategis hampir pasti mengalami peningkatan. Pemerintah dan masyarakat juga paham tentang siklus rutin kenaikan harga tersebut. Masyarakat terkadang mampu memahami atas lambannya antisipasi dan respons pemerintah, tapi terkadang juga gemas atas excuse tuduhan fenomena kartel, mafia atau upaya pencarian kambing hitam lain yang disampaikan pejabat Pemerintah.

BNI Sumbang 100 Sepeda Dukung Smart Mobility di UGM

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyumbangkan 100 unit sepeda kepada Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai bentuk dukungan pada Gerakan green campus yang tengah didorong oleh kampus tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diterapkan agar mem-bentuk suatu green campus, salah satunya adalah smart mobility, yang direpresentasikan melalui sepeda kampus dari BNI.

Hal 2. Tenaga Kerja dan Revolusi Industri

Tidak terasa, implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) hampir setengah tahun. Bagi kita, belum terlihat peng- aruh yang cukup kentara, kecuali pada data-data ketenagakerjaan. Badan Pusat Statistik (BPS) melansir sepanjang Januari-Maret 2016, jumlah warga negara asing (WNA) yang datang ke Indonesia untuk bekerja (< 1 tahun) naik menjadi 73.172 orang. Angka itu melonjak hingga 83% dari periode sebelumnya.

ABDUL MANAP PULUNGAN ; Peneliti Indef

Hal 3. INVESTASI BPJS KETENAGAKERJAAN ; Kompetensi Pengelola Dana Dipertanyakan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan perlu memilih manajer investasi yang lebih kredibel guna mencapai sasaran imbal hasil yang tinggi. Selama ini, pengelolaan dan penempatan investasi Jaminan Hari Tua dinilai kurang transparan.

Hal 4. INSTRUMEN DIRE ; Iming-iming Insentif untuk Pemda

Pemerintah pusat akan memberikan insentif berupa penambahan dana insentif daerah bagi pemerintah daerah yang bersedia menurunkan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan atau BPHTB untuk instrumen dana investasi real estate atau DIRE.

Hal 5. BELANJA PERTAHANAN ; Asia Pasifik Paling Ekspansif

Kenaikan anggaran belanja negara-negara di Asia untuk pembelian peralatan pertahan nasional menjadikan kawasan ini sebagai pasar potensial.

Hal 6-7. Iklan

Hal 8. PERDA PENGHAMBAT INVESTASI ; 3.000 Perda Bakal Batal Akhir Juni

Kementerian Dalam Negeri sudah mengidentifikasi sebanyak 3.443 peraturan daerah di seluruh Indonesia yang berpotensi dibatalkan atau dicabut, karena menghambat investasi.

Hal 9. JAKARTA GREAT SALE 2016 ; DKI Minta Kemudahan Tax Refund

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta pemerintah pusat memberi kemudahan fasilitas pengembalian pajak tambahan nilai atau PPN setelah berbelanja atau tax refund guna menarik minat wisatawan asing berbelanja di toko ritel modern di Ibu Kota.

Hal 10. KEPALA LKPP AGUS PRABOWO ; Mengikis Praktik Abal-abal

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP merupakan salah satu motor percepatan penyerapan anggaran yang menjadi target Presiden Joko Widodo.

Hal 11. PEMBATALAN PUTUSAN ARBITRASE ; Kasasi Lawan Aspan Ditolak, BANI Ajukan PK

Badan Arbitrase Nasional Indonesia akan mengajukan peninjauan kembali atau PK atas putusan Mahkamah Agung yang menolak kasasinya dalam perkara pembatalan putusan BANI melawan PT Asuransi Purna Artanugraha.

Hal 12. PIDANA KHUSUS ; Kejaksaan Agung Kaji Seluruh Kasus

Kejaksaan Agung tengah mengkaji seluruh kasus pidana khusus, baik dalam tahap penyidikan ataupun penyelidikan yang ditangani seluruh kejaksaan selama 4 tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Priyo Susilo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper