Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KEBAKARAN KANADA: 2.650 Hektar Wilayah Dilahap, 80.000 Warga Diungsikan

Alberta, sebuah provinsi di Kanada berusaha keras mengevakuasi ribuan orang ketika kebakaran hebat terjadi di dekat Fort Mc Murray yang berlokasi jantung wilayah penghasil oil sand (pasir minyak atau pasir tar) Kanada.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 04 Mei 2016  |  09:25 WIB
KEBAKARAN KANADA: 2.650 Hektar Wilayah Dilahap, 80.000 Warga Diungsikan
Ilustrasi. - .
Bagikan

kabar24.com, CALGARY.Alberta, Canada— Alberta, provinsi di Kanada berusaha keras mengevakuasi ribuan orang ketika kebakaran hebat terjadi di dekat Fort Mc Murray yang berlokasi jantung wilayah penghasil oil sand (pasir minyak atau pasir tar) Kanada.

Sejumlah penduduk di evakuasi ke Noralta sebuah kamp pasir minyak sekitar 21 kilometer ke arah utara Fort McMurray.

Alberta meminta bantuan dari provinsi lain termasuk Ottawa untuk memadamkan si jago merah dan mengevakuasi penduduk setempat ke daerah lain. Otoritas setempat mengeluarkan perintah evakuasi wajib untuk seluruh wilayah Fort Mc Murray dengan jumlah penduduk sekitar 80.000 orang.

Api yang telah menyebar seluas 2.650 hektar pertama kali diketahui pada Minggu (1/5/2016). Api juga telah menutup pintu keluar utama di bagian selatan wilayah tersebut dan memaksa warga untuk menuju ke wilayah utara  ke arah kamp pasir minyak.

 “Ini merupakan evakuasi terbesar yang pernah kami lihat dalam sejarah provinsi ini yang diakibatkan oleh api. Kami perlu menemukan kamp-kamp lain dan kami telah mengamankan tempat untuk sekitar 6,000 orang. Kami tahu kami harus menemukan lebih banyak kamp lagi,” kata Rachel Notley, Gubernur Alberta seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/5/2016).

Menurut Notley tidak ada korban luka ataupun meninggal dalam kejadian tersebut. Selain itu operasi pasir minyak juga tidak terpengaruh.

Sejumlah penerbangan dari bandara Fort McMurray dibatalkan dan pihak bandara meminya para penumpang untuk berkonsultasi dengan pihak maskapai penerbangan.

Kobaran api yang berasal dari wilayah barat daya Fort McMurray menyebar dengan cepat ke wilayah pinggiran kota pada Selasa dan memaksa dilakukannya evakuasi warga di pusat kota hingga warga yang tinggal di wilayah lebih rendah dekat tepi sungai Clearwater dan Athabasca.

 “Asap ada di mana-mana. Dari kejauhan, anda bisa melihat api melahap setiap tempat yang memiliki pohon,” ujar Nock Sanders seorang warga Mc Muray.

Rekaman Tv dan foto-foto di Twitter menampilkan asap dan api yang mengepul di atas kota

“Besok, diprediksi apinya akan lebih marak,” ujar Bruce Meyer, Asisten Wakil Menteri Divisi Kehutanan Alberta.

Menurut Mayer lebih dari dua belias helikopter, 100 pemadan kebakaran dan tanker dikerahkan untuk memerangi si jago merah yang mengamuk hebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanada kebakaran

Sumber : Reuters

Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top