Kemenristekdikti Luncurkan 3 Program Reformasi Birokrasi

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan tiga program unggulan baru sebagai bagian dari upaya melakukan reformasi birokrasi.
Amanda Kusumawardhani | 02 Mei 2016 22:35 WIB
Dosen - Ilustrasi

Kabar24..com, TANGSEL - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan tiga program unggulan baru sebagai bagian dari upaya melakukan reformasi birokrasi.

Adapun ketiga program tersebut adalah penomoran ijazah online (PIN), sistem verifikasi ijazah secara elektronik (SIVIL), dan pusat informasi dan pelayanan terpadu (PINTU).

“PIN dan SIVIL diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengecek keabsahan ijazah sekaligus meminimalisir beredarnya ijazah palsu,” kata Menristekdikti M. Nasir di Puspiptek, Serpong, Senin (2/5/2016).

Selama 10 bulan terakhir, kemenristekdikti menerima setidaknya 118 surat permohonan verifikasi keabsahan ijazah baik perorangan, LSM, perusahaan, maupun instansi pemerintaha.

Pada periode tersebut, lebih dari 3.000 ijazah telah diverifikasi dengan hasil sekitar 90%-95% dinyatakan absah, sedangkan 5%-10% haris diklarifikasi oleh Kopertis dan perguruan tinggi terkait.

“Sistem tersebut akan terintegrasi dengan pangkalan data pendidikan tinggi, sehingga keabsahan lulusan perguruan tinggi akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikannya. Kami menargetkan September 2016 semua perguruan tinggi sudah melengkapi datanya dan bisa segera diaplikasikan,” tambahnya.

Program lainnya adalah PINTU akan menintegrasikan layanan publikasi di Kemenristekdikti misalnya layanan teknis perguruan tinggi, perizinan, informasi, dan pengaduan.

Layanan ini akan menerapkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi mulai dari sistem call center hingga hel desk ,sehingga diharapkan mampu meningkatakn efisensi pelayanan kepada masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kemenristek

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top