Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jamkrida Kaltim Siap Bantu Penjaminan Kredit UMKM

PT Jamkrida Kalimantan Timur optimistis mampu memberikan penjaminan hingga 50% untuk total kredit UMKM yang disalurkan oleh Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur.
Pelaku UKM/Bisnis.com
Pelaku UKM/Bisnis.com

Kabar24.com, BALIKPAPAN--PT Jamkrida Kalimantan Timur optimistis mampu memberikan penjaminan hingga 50% untuk total kredit UMKM yang disalurkan oleh Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur.

"Untuk memberikan jaminan kami bisa saja lebih dari 50% dari total penyaluran, tapi dari semua kredit yang disalurkan kan belum tentu semuanya perlu penjaminan dari kami," ujar Direktur Utama Jamkrida Kaltim Agusshohir, Jumat (22/4/2016).

Ihwal kesanggupan pemberian jaminan, dia mengatakan Jamkrida memiliki kapasitas penjaminan 10 kali dari nilai modal dasar yang dimiliki.

Saat ini, modal dasar Jamkrida berjumlah sekitar Rp50,3 miliar yang berasal dari Pemprov Kaltim dan Perusda Melati Bhakti Satya.

Agus juga mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kredit UMKM yang ditawarkan oleh BPD Kaltim. Selama ini, masyarakat cenderung enggan mengajukan kredit karena tak percaya diri lantaran tak memiliki agunan.

Padahal, Jamkrida dapat membantu penjaminan kredit.

Kurangnya pemahaman yang demikian, kata dia, turut berkontribusi pada rendahnya penjaminan kredit UMKM sepanjang tahun lalu yang hanya mencapai Rp16,7 miliar.

"Sebenarnya masyarakat bisa cari informasi ke BPD, karena kalau punya usaha tapi tidak punya agunan kan kami bisa bantu. Tapi meskipun begitu, kami pun mengutamakan aspek kehati-hatian," sambungnya.

Dia berharap BPD Kaltim pun berhati-hati dalam memilih debitur. Apalagi, BPD mengupayakan dapat mengikuti permintaan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak untuk mempermudah pemberian pinjaman cukup dengan surat izin usaha dari kecamatan atau kelurahan.

Sebab, untuk memberikan penjaminan kredit pun Jamkrida juga menggunakan analisis kelayakan usaha debitur dan pemberikan kredit dari BPD Kaltim.

"Kami kan menutupi resiko kredit macet, yang punya dana kreditnya ya BPD Kaltim. Jadi bank yang utamanya harus berhati-hati dalam menyalurkan kredit," tutup Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper