Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAUT CHINA SELATAN: Pesawat Militer China Mendarat Perdana di Pulau Buatan

Pesawat militer China mendarat di sebuah bandara baru di pulau buatan yang dibangun China di daerah sengketa Laut China Selatan dan menimbulkan dugaan bahwa China menjadikan wilayah itu sebagai basis pesawat tempur.
Laut China Selatan/military.com
Laut China Selatan/military.com

Kabar24.com, BEIJING— Pesawat militer China mendarat di sebuah bandara baru di pulau buatan yang dibangun China di daerah sengketa Laut China Selatan dan menimbulkan dugaan bahwa China menjadikan wilayah itu sebagai basis pesawat tempur.

Artikel halaman depan surat kabar resmi People’s Liberation Army Daily mengatakan bahwa sebuah pesawat militer berpatroli di Laut China Selatan dan menerima panggilan darurat untuk mendarat di pulau buatan tersebut guna mengevakuasi pekerja yang tengah sakit parah.

Menurut harian tersebut, mereka dibawa ke pulai Hainan untuk mendapatkan perawatan.

Tabloid Global Times menyebutkan ini merupakan pertama kalinya China mengakui adanya pendaratan pesawat di pulau karang tersebut,

Seperti Dikutip dari Reuters (18/4/2016), Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang mengatakan misi penyelamatan tersebut merupakan bagian dari tradisi militer dan hal tersebut sama sekali tidak mengejutkan karena mereka melakukannya di wilayah China sendiri.

Di pulau tersebut terdapat landasan pacu sepanjang 3.000 kilometer yang cukup panjang untuk mampu mengakomodasi pesawat bombardier jarak jauh dan pesawat transportasi serta jet tempur terbaik China. Uji coba penerbangan sipil akan dlakukan pada Januari.

Amerika Serikat mengkritik pembangunan pulau buatan China di Laut China Selatan dan khawatir bahwa negara tersebut akan menggunakan pulau buatan tersebut untuk tujuan militer kendati China mengatakan pihaknya tidak memiliki niatan untuk memicu perseteruan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper