Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT OKI: Indonesia Siap Kontribusi Demi Perdamaian Palestina

Pemerintah Indonesia menyatakan siap berkontribusi memberi perspektif berbeda untuk menjawab tantangan perpecahan dunia Islam, termasuk memperjuangkan kebebasan Palestina.
Wakil Presiden Jusuf Kalla/Antara
Wakil Presiden Jusuf Kalla/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah Indonesia menyatakan siap berkontribusi memberi perspektif berbeda untuk menjawab tantangan perpecahan dunia Islam, termasuk memperjuangkan kebebasan Palestina.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja sama Islam (KTT OKI) di Istambul, Turki, Jumat(15/4/2015) waktu setempat.

“Sebagai negara dengan populasi Islam terbesar, Indonesia dapat memberikan perspektif berbeda untuk menjawab tantangan Dunia Islam,”ungkapnya dalam pidato.

Kalla mengaku pemerintah Indonesia siap berkontribusi dengan berbagi pengalaman dan memberikan pendekatan out of the box dalam membela Palestina.

Menurut dia, kemerdekaan Palestina adalah esensi dari berdirinya OKI. Untuk itu, negara-negara anggota diimbau tak membiarkan fokus teralihkan dan tetap bersatu dalam mencari solusi bagi Palestina.

Selama ini, dia menganggap negara-negara Islam telah membiarkan politik dan ego sektarian mempengaruhi perdamaian dunia Islam. Padahal Allah SWT sendiri telah mengingatkan untuk saling menolong, bukan saling menganiaya.

“Sebagai bangsa kita memang berbeda. Beda budaya, beda bahasa, beda sistem pemerintahan dan beda cara melaksanakan agama Islam,”tuturnya.

Namun, sambungnya, semua negara Islam bertanggung jawab untuk merealisasikan Islam sebagai Rahmatan lil-alamin, agama yang berkontribusi bagi perdamaian, pembangunan dan keadilan sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper