Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

50 Tahun Berkarya, Titis Jabaruddin Gelar Pameran Retrospeksi

Pelukis Titis Jabaruddin menggelar pameran retrospeksi pertamanya setelah 50 tahun, mulai 15 Maret-26 Maret 2016, di Gedung B Galeri Nasional Indonesia. Pameran bertajuk Garis Liris Titis ini, sekaligus menjadi pameran tunggal yang ke-10.
Galeri Nasional/galerinasional.or.id
Galeri Nasional/galerinasional.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pelukis Titis Jabaruddin menggelar pameran retrospeksi pertamanya setelah 50 tahun, mulai 15 Maret-26 Maret 2016, di Gedung B Galeri Nasional Indonesia. Pameran bertajuk Garis Liris Titis ini, sekaligus menjadi pameran tunggal yang ke-10.

Pameran hasil kerja sama Galeri Nasional Indonesia dan Beranda Seni Indigo ini, menandai perjalanan 50 tahun Titis Jabaruddin. Perjalanan Titis tersebut dikisahkan melalui sekitar 85 karya lukis, grafis, drawing, sketsa, dan digital art, dalam rentang tahun 1965 hingga 2016.
 
Titis Jabaruddin merupakan pelukis perempuan pertama Indonesia yang menggunakan media pastel (soft pastel) secara konsisten dalam mencipta karya seni rupa. Kurator pameran ini sekaligus kurator Galeri Nasional Indonesia, Citra Smara Dewi, mengatakan Titiek Sunarti Jabaruddinnama panjang Titis Jabaruddin juga merupakan wanita pelukis pertama yang bergabung dengan Pasar Seni Ancol pada 1979.
 
Dia mengatakan dalam peta perkembangan seni rupa Indonesia, Titis dikenal sebagai pelukis dengan media pastel yang sangat piawai dengan mengangkat tema alam, perempuan hingga figur-figur. Titis juga aktif mengadakan pameran baik kelompok maupun tunggal, di dalam dan luar negeri.
 
"Meski demikian beberapa karya ekslploratif dengan media dan teknik cat minyak, tinta cina, cat akrilik, seni grafis hingga digital art menjadi bagian dari proses berkaryanya, papar Citra seperti dalam rilis yang diterima Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper