Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsul Kehormatan RI di Ramallah Langkah Awal Bilateral

Presiden RI Joko Widodo menyebutkan Konsul Kehormatan RI di Ramallah yang bakal diresmikan bulan ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan dukungan Indonesia atas Palestina.
Demo Bebaskan Palestina di Times Square, New York/Reuters
Demo Bebaskan Palestina di Times Square, New York/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo menyebutkan Konsul Kehormatan RI di Ramallah yang bakal diresmikan bulan ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan dukungan Indonesia atas  Palestina.

Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Joko Widodo menyampaikan  terima kasih atas persetujuan yang diberikan.

Untuk itu, Jokowi akan mengutus Menlu RI Retno Marsudi ke Ramallah untuk meresmikan Konsul Kehormatan tersebut.

"Keberadaan Konsul Kehormatan merupakan langkah awal untuk meningkatkan dukungan Indonesia bagi kemerdekaan Palestina serta mendorong penguatan hubungan bilateral", kata Presiden seperti disampaikan Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan resmi, Minggu (6/3/2016).

Sebelumnya, pemerintah Indonesia berencana meresmikan Konsul Kehormatan pada pertengahan bulan, atau usai pagelaran Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Jakarta berakhir.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengungkapkan saat ini pihaknya tengah mennyelesaikan segala proses perizinan yang diperlukan untuk membuka kantor Konsulat Kehormatan di Palestina.

"Semoga perizinan bisa secepatnya diselesaikan. Pertengahan Maret akan diresmikan," ujarnya.

Dia mengungkapkan kantor Konsulat Kehormatan akan dibuka usai Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam yang akan berlangsung di Jakarta pada 6-7 Maret 2016.

“Semoga setelah kita menjadi tuan rumah KTT OKI, Konsulat Kehormatan Indonesia di Kota Ramallah bisa dibuka,” ujarnya.

Namun, Retno masih menutup rapat nama pejabat yang bakal ditugaskan di Ramallah. "Saya belum bisa menyampaikan nama tersebut, nanti pada saatnya akan saya sampaikan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper