Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiru Taman Mekarsari, Pekanbaru Siapkan Lahan Agribisnis 5 Hektare

Pemkot Pekanbaru menambah luas lahan kawasan pengembangan agribisnis yang dibiayai pemda setempat seluas 5 hektare, dan pengembangannya akan meniru konsep taman buah Mekarsari di Bogor Jawa Barat.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, PEKANBARU – Pemkot Pekanbaru menambah luas lahan kawasan pengembangan agribisnis yang dibiayai pemda setempat seluas 5 hektare, dan pengembangannya akan meniru konsep taman buah Mekarsari di Bogor Jawa Barat.

Kepala Dinas Pertanian Kota Pekanbaru Elsyabrina mengatakan dari tahun lalu, pemkot telah menganggarkan lahan pengembangan agribisnis seluas 5 hektare.

“Jadi totalnya akan mencapai 10 hektare nantinya kawasan pengembangan agribisnis ini, untuk lokasi lahannya kami sudah siapkan di sekitar Danau Buatan Wilayah Okura Rumbai,” katanya Rabu (24/2).

Pemilihan lokasi itu kata dia, didasarkan pada kondisi lahan yang masih banyak kosong dan juga dukungan keindahan alam setempat dengan view danau buatan.

Selain menyiapkan anggaran lahan pengembangan agribisnis, Distan juga akan merancang lokasi itu beserta rencana pengembangan lanjutan atau site plan.

Ke depannya pemkot kata Elsyabrina akan mengembangkan lahan agribisnis yang telah disiapkan itu seperti taman buah Mekarsari.

“Untuk itu nanti kami akan mendatangkan langsung salah satu penggagas taman buah itu guna mendidik sumber daya manusia pengelolanya, sehingga akan ditemukan komoditas buah apa yang cocok untuk dikembangkan di Pekanbaru,” katanya.

Selain konsep taman buah, konsep lain yang disiapkan yaitu sentra penanaman buah langka asli dalam negeri, serta berbagai jenis kayu dan pohon langka. Setelah itu akan diluncurkan konsep wisata alam, pendidikan, sekaligus pendidikan yang tentunya dibiayai pemda setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper