Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tolak Reklamasi, 14 Bendesa Adat Bali ke Kantor Staf Kepresidenan

Sedikitnya 14 Bendesa Adat dari Tanjung di Bali mendatangi Kantor Staf Kepresidenan (KSP) kemarin untuk menyatakan penolakan mereka terhadap proyek reklamasi Teluk Benoa
Teluk Benoa Bali/Antara
Teluk Benoa Bali/Antara
Kabar24.com, JAKARTA -- Sedikitnya 14 Bendesa Adat dari Tanjung di Bali mendatangi Kantor Staf Kepresidenan (KSP) kemarin untuk menyatakan penolakan mereka terhadap proyek reklamasi Teluk Benoa.
 
Bendesa Adat itu berasal dari wilayah a.l.  Tanjung Benoa, Kedonganan, Kelan, Jimbaran, Bualu, Kuta, Seminyak, Pedungan, Canggu, Kepaon, Serangan, Sanur, serta  Sesetan.Dalam pertemuan tersebut, Bendesa Adat menyampaikan fakta-fakta yang terjadi dan alasan Bendesa Adat menolak reklamasi Teluk Benoa.
 
"Kami menolak reklamasi Teluk Benoa, karena reklamasi akan menghancurkan nilai-nilai adat dan keagamaan kami, masyarakat adat di Bali. Ada sekitar 70 Pura di sekitar Teluk Benoa yang akan dikeruk oleh proyek reklamasi," kata I Wayan Swarsa, Bendesa Adat Kuta dalam keterangan bersama, Rabu (17/2/2016).
 
Dia menuturkan ada 18 desa adat yang telah menyatakan penolakan terhadap reklamasi Teluk Benoa yang sampai saat ini terus dipaksakan oleh PT TWBI. Menurut Swarsa,  15 desa adat merupakan desa adat yang terdampak langsung dengan reklamasi Teluk Benoa, dan 3 desa adat yang tidak terdampak langsung.
 
Direktur Eksekutif Nasional WALHI, Abetnego Tarigan menuturkan jika sebagian besar Bendesa Adat dan masyarakat adat sudah menyampaikan penolakannya, maka Amdal menjadi tak layak lagi. Walaupun kini proses Amdal telah bergulir, paparnya, maka sudah tak menjadi relevan dengan adanya penolakan tersebut,
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anugerah Perkasa
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper