Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Modus Pelaku Pupuk Oplosan di Pekanbaru

Pelaku pupuk oplosan yang berhasil ditangkap oleh aparat TNI dari Koramil 14 Minas Kabupaten Siak Pekanbaru memaparkan bagaimana modusnya menciptakan pupuk palsu.

Bisnis.com, PEKANBARU – Pelaku pupuk oplosan yang berhasil ditangkap oleh aparat TNI dari Koramil 14 Minas Kabupaten Siak Pekanbaru memaparkan bagaimana modusnya menciptakan pupuk palsu.

Komandan Girsang dari Koramil 14 Minas yang menangkap pelaku berinisial R itu mengatakan dari penuturan tersangka, ada sebanyak 8 ton pupuk oplosan yang dibawa pelaku.

“Dia mengaku mengoplos dua jenis pupuk yaitu dolomite dan pupuk NK Gurita, modusnya mengganti karung pupuk itu menjadi pupuk kieserite dan pupuk KCL,” katanya Selasa (26/1/2016).

Akibatnya pupuk itu tidak sesuai dengan kebutuhan petani dalam melakukan penanaman benih seperti pohon sawit ataupun tanaman padi.

Kondisi ini menyebabkan kerugian bagi petani yang telah mengeluarkan dana cukup besar membeli pupuk tetapi hasil yang didapatkan tidak maksimal, bahkan laporan yang diterima Komandan Girsang dari masyarakat setempat sudah cukup banyak.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Danrem 031 WB Brigjen TNI Nurendi mengatakan penangkapan pelaku distribusi pupuk palsu ini berhasil dilakukan oleh anggotanya dari Koramil 14 Minas yaitu Komandan Girsang.

“Anggota kami yaitu Komandan Girsang dari Koramil 14 Minas berhasil menangkap tangan truk yang membawa pupuk palsu karena awalnya yang terlihat mencurigakan, pelaku di tangkap di daerah Rindu Sempadan Kecamatan Minas, Siak,” katanya.

Menurut Nurendi, dari penuturan supir yang telah diamankan, truk pembawa pupuk palsu itu berangkat dari Kota Payakumbuh Sumatra Barat menuju Kota Siak dan membongkar muatannya di sana.

Adapun pelaku distribusi pupuk palsu ini diancam pidana kurungan selama 5 tahun penjara dan denda maksimal 250 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper