Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAMPUS TERHIJAU SEDUNIA: UI Tempati Urutan ke-33 Kampus Terhijau

Universitas Indonesia mengumumkan peringkat-peringkat teratas kampus hijau di dunia tahun 2015 berdasarkan UI GreenMetric.

Kabar24.com, JAKARTA - Universitas Indonesia mengumumkan peringkat-peringkat teratas kampus hijau di dunia tahun 2015 berdasarkan UI GreenMetric.

Pemeringkatan UI GreenMetric dilandasi oleh tiga filosofi dasar yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es) yang terdiri dari bobot indikator Statistik Kehijauan Kampus (15%), Pengelolaan Sampah (18%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%) dan Pendidikan (18%).

Pada tahun ini terdapat 407 perguruan tinggi dari 65 negara yang mengikuti UI GreenMetric, termasuk 5 negara baru yakni Bangladesh, Irak, Spanyol, El Salvador, Australia.

Kampus

Peringkat

Skor

University of Nottingham

1

7267

University of Connecticut

2

7156

University of California, Davis

3

7134

Universitas Indonesia

33

6157

Institut Pertanian Bogor

36

6130

Universitas Diponegoro

45

5989

sumber: UIGreenMatric

Berdasarkan pemeringkatan UI GreenMetric, University of Nottingham (Inggris) menduduki peringkat posisi pertama dengan total skor 7,267.00, disusul di peringkat kedua University of Connecticut (Amerika Serikat)(skor 7,156.00) dan University of California, Davis (Amerika Serikat) (skor 7,134.00) di peringkat ketiga.

UI sendiri harus puas di peringkat 33 dengan skor 6,157.00, diikuti oleh Institut Pertanian Bogor (skor 6,130.00) di peringkat 36, dan Universitas Diponegoro (skor 5,989.00) di peringkat 45.

UI GreenMetric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup.

“UI membuat Green Metric ini agar ada daya tarik universitas-universitas di dunia untuk berkompetisi dalam hal kepedulian terhadap lingkungan hidup, bukan hanya akademik,” ujar Rektor UI, Muhammad Anis dalam rilis UI di laman UI, Senin (25/1/2016).

Ketua UI GreenMetric, Riri Fitri Sari menjelaskan UI GreenMetric tahun 2015 ini telah menambahkan sejumlah kriteria yang terkait dengan konservasi air; perhitungan carbon footprint, serta penyesuaian penilaian (scoring) dan pembobotan (weighting) untuk setiap kriteria.

UI sesuai dengan visi Green Campus juga tetap akan meningkatkan kualitas lingkungan kampusnya.

“Kami mempunyai beberapa rencana jangka panjang seperti pembatasan kendaraan bermotor di lingkungan kampus, penggunaan bahan bakar listrik untuk bus-bus kuning kami, pengelolaan sampah kampus, sampai rencana pendirian sekolah ilmu lingkungan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper