Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Arus Balik Puncak padat

Arus lalu lintas di Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu siang, masih dipadati oleh arus balik kendaraan yang pulang dari libur panjang akhir pekan bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Raya Natal.
Polisi mengatur lalu lintas di kawasan Puncak, Jawa Barat/Antara
Polisi mengatur lalu lintas di kawasan Puncak, Jawa Barat/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Arus lalu lintas di Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu siang, masih dipadati oleh arus balik kendaraan yang pulang dari libur panjang akhir pekan bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Raya Natal.

Kepadatan arus terjadi dari arah Puncak menuju Bogor, sekitar pukul 13.11 WIB petugas memberlakukan sistem satu arah menuju Jakarta. Petugas melakukan penutupan arus secara terpenggal di sejumlah titik yakni Simpang Gadog, jalan Raya Ciawi-Gadog dan jalan Raya Puncak. Pantauan Antara, kepadatan arus terlihat dari Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, laju kendaraan berjalan lambat menuju arah Bogor, sementara di sisi kiri dan kanan kendaraan roda dua ramai lancar. Arus lalu lintas di jalur Puncak didominasi oleh kendaraan pribadi roda empat dan sepeda motor yang berasal dari wilayah Jabodetabek, B dan F. Satlantas Polres Bogor, telah memprediksikan arus balik libur panjang terjadi hari ini. Petugas telah memberlakukan sistem satu arah lebih awal untuk mengurai kepadatan.

"Hari ini arus balik, pengunjung yang berwisata sudah mulai meninggalkan tempat penginapan dan keluar. Kita memberlakukan sistem satu arah dari pukul 13.00 sampai 20.00 WIB untuk arah Puncak menuju Jakarta," kata Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji. Selama libur panjang akhir pekan, arus lalu lintas di jalur Puncak dipadati pengunjung baik yang mau berwisata ataupun mau melintas libur pulang ke wilayah Bandung, Cianjur dan sekitarnya. Diperkirakan, volume kendaraan yang bergerak keluar tol Jagorawi menuju Sukabumi ataupun Puncak, meningkat dari tahun sebelumnya.

Tercatat, pada 24 Desember 2014 jumlah kendaraan sebanyak 32.011 unit. Begitu pula hari Natal jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 28.012. Satlantas Polres Bogor, menghimbau pengendara untuk berhati-hati saat berkendaraan, terutama saat sistem satu arah diberlakukan agar tidak mengendarai kendaraan dengan laju kencang. "Walaupun satu arah, tetap tingkatkan kehati-hatian, karena roda dua masih berlaku dua arah.

Khusus untuk roda dua agar tidak memotong antrian sembarangan," katanya. Sementara itu, arus balik ini terlihat saat banyak pengendara sepeda motor dan roda empat yang memanfaatkan SPBU dan sejumlah minimarket di jalur Puncak untuk beristirahat. Mereka yang berlibur terdiri dari satu keluarga, yang membawa serta anak serta istrinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper