Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puluhan Rumah di Lombok Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 44 unit rumah di Desa Pengkelak Emas, Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat rusak setelah diterjang angin puting beliung.
Rumah hancur diterjang puting beliung/Antara
Rumah hancur diterjang puting beliung/Antara

Bisnis.com, LOMBOK--Sedikitnya 44 unit rumah di Desa Pengkelak Emas, Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat rusak setelah diterjang angin puting beliung.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB Yusron Hadi di Mataram, Kamis mengatakan bencana angin puting beliung tersebut terjadi, Rabu (23/12) kemarin sekitar pukul 17.30 Wita. Akibat angin puting beliung tersebut, 44 unit rumah rusak berat, termasuk dua mushola dan satu masjid ikut mengalami rusak parah.

"Dari laporan yang kiat terima, kejadiannya berlangsung cukup singkat hanya beberapa menit saja, namun akibat yang ditimbulkan cukup parah, tetapi tidak sampai menimbulkan korban jiwa," katanya. 

Ia menuturkan, akibat bencana tersebut, gubernur menemui para korban bencana puting beliung, sekaligus memberikan bantuan. Selain, meninjau lokasi kejadian, pada kesempatan itu gubernur juga berdialog kepada para korban yang terkena angin puting beliung untuk tetap sabar dan tabah menghadapi cobaan.

"Gubernur juga memerintahkan kepala Dinas PU NTB untuk merenovasi dan memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan, sehingga bisa ditempati kembali," ujarnya. 

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Selaparang BIL mengeluarkan peringatan dini cuaca, khususnya di seluruh Pulau Lombok akan terjadinya hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah.

Disamping itu, BMKG juga memberikan peringatan dini terkait adanya gelombang setinggi 2,5 meter di perairan selatan NTB.

"Perkiraan cuaca seperti ini akan masih berlangsung hingga Jumat di sebagain besar wilayah di Pulau Lombok," kata Kepala BMKG Catur Winarti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper